Mengenang Tragedi Kelam 1997, STB Uniska Gelar Aksi Teatrikal

hallobanua.com, BANJARMASIN - Mengenang tragedi 23 Mei 1997 lalu, Sanggar Titian Barantai (STB) dari Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB) menggelar aksi teatrikal di kawaaan Jalan Pasar Baru, Banjarmasin, Rabu (22/05/2024) siang.

Dikawal pihak kepolisian, aksi yang dibawakan belasan pemeran dari STB Uniska tersebut menjadi tontonan warga sekitar dan para pengendara yang melintas.

Ketua Umum Sanggar Titian Barantai Muhammad Riko Fahkhrurozi, memgatakan aksi teatrikal digelar untuk mengenang dan mengingat jika di Banjarmasin sempat terjadi kejadian kelam, yakni kerusuhan yang mengakibatkan ratusan orang meninggal dunia.

"Kami merawat ingatan bahwasanya Banjarmasin pernah terjadi tragedi kelam," ujar Riko usai aksi.

Tak hanya itu, dengan gelaran teatrikal tersebut, diharapkan warga Banjarmasin bisa menerapkan pentingnya nilai kemanusiaan dan toleransi terhadap sesama.

"Itu tujuan kami agar tidak terulang dan terjadi kembali untuk kedepanya," ujarnya.

Sementara Itu Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol I Made Subagia menuturkan, aksi berjalan lancar dan tidak ada gangguan trantibmas.

"Kita turunkan 60 personel dari Sabhara Polresta dan 60 personel Samapta Polda Kalsel, dan 30 orang dari Reskrim dan Intel" bebernya.

Pengamanan diberikan kata dia, agar peringatan 23 Mei 1997 ini berjalan dengan aman dan damai.

"Dan di jalanan sendiri tidak terganggu kelancaran lalu lintasnya," katanya.

Sebelum menggelar aksi,  mereka berkumpul di kawasan Mitra Plaza Banjarmasin. Kemudian para mahasiswa berkonvoi menuju persimpangan jalan Pasar Baru. 

Selanjutnya kembali berkonvoi melalui jalan Hasanuddin HM dan kembali ke titik awal di kawasan Mitra Plaza. 

"Jadi kedepan diharapkan bagi teman-teman mahasiswa yang melaksanakan aksi. Silakan melaksanakan aksi, dan kami akan lakukan pengamanan. Tapi buatlah izin tertulis kepada kepolisian agar kita bisa bantu pengamanan adek-adek mahasiswa," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya