Sukses di Event Pertama, Dispora Kalsel Kembali Gelar Banua Duathlon Challenge 2024

hallobanua.com, BANJARBARU - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor, melalui Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Drs H Hermansyah, MM, mengibarkan bendera start tanda dimulainya Banua Duathlon Challenge 2024.

Mengambil start dan finish di halaman Setdaprov komplek perkantoran gubernur, di Banjarbaru Sabtu pagi (25/5/2024), event nasionsl ini diikuti ratusan peserta.

Menariknya, tak hanya dari banua dan atlet nasional, event ini juga diikuti beberapa atlet dari luar negeri di 7 negara, yakni dari Austria, Singapura, Irlandia, Aljazair, Kolombia, Amerika Serikat, dan Rusia.

Selain peserta dari luar negeri, acara ini juga diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Jakarta, Jawa Barat, Palembang, Palu, Makassar, dan Kalimantan Tengah.

"Ini tahun ke dua dilaksanakan, mudah-mudahan  geliat olahraga di banua yang sudah meningkat ini dapat terus ditingkatkan, salah satunya melalui Banua Duathlon Challenge 2024 yang secara resmi tadi.kita buka," harap Hermansyah, Kadispora Kalsel, Sabtu,(25/5/2024).

Selain itu, melalui event ini menjadi upaya bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mempromosikan dan memajukan serta mengangkat destinasi pariwisata di banua.

Bukti bahwa komitmen Pemprov Kalsel mengangkat destinasi pariwisata di banua melalui event ini, salah satunya ditampilkan tarian tradisional Rimba Betaduh dari Sanggar Kayu Ulin Banjarbaru, khusus disuguhkan kepada para peserta saat pembukaan berlangsung.

Setelah sukses menggelar Duathlon pertama di tahun 2023, tahun ini, Banua Duathlon Challenge 2024 dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada tanggal 25 dan 26 Mei 2024.

Event perpaduan olahraga bersepeda dan lari ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Kategori Duathlon, yang dilaksanakan pada hari ini, tanggal 25 Mei, diikuti oleh 179 peserta.

Para peserta dalam kategori Duathlon ini akan berlari sejauh 5 km, kemudian bersepeda sejauh 30 km, dan diakhiri dengan berlari sejauh 5 km lagi.

Sedangkan, kategori kedua adalah 5K Fun Run yang akan dilaksanakan besok, tanggal 26 Mei, dan akan diikuti oleh 568 peserta.

Duathlon Challenge 2024 ini sendiri sebut Hermansyah, juga Pj Bupati HSS ini merupakan rangkaian event olahraga berskala nasional yang selanjutnya akan menjadi persiapan untuk dilaksanakannya event Triathlon di bumi Lambung Mangkurat.

"Ini persiapan kita untuk menuju ke ajang Triathlon nanti," tutup Hermansyah juga turut didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel Budiono.

Gelaran event ini turut dihadiri oleh tokoh Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Kalsel, Budiono, dan Wakil Ketua Federasi Triathlon Indonesia (FTI), Mutakin. 

Penulis maisuri
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya