Tabalong Raih Sertifikat Eliminasi Malaria

 
hallobanua.com , TANJUNG - Inovasi Gerakan Masuk Hutan Berantas dan Atasi Malaria (Gema Bersinar Malaria) yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tabalong mendapat apresiasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Pada peringatan Hari Malaria Sedunia Tahun 2022 di Mandalika Resort Lombok Nusa Tenggara Barat pada hari Selasa (31/5/22), Pemerintah Kabupaten Tabalong di anugerahi Sertifikat Eliminasi Malaria dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, H. Taufiqurrahman Hamdie yang mewakili Bupati Tabalong menerima Sertifikat tersebut dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) yang mewakili Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Maxi Rein Rondonuwu. 

Secara terpisah, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani sangat bangga dan mensyukuri apresiasi dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia atas kerja keras banyak pihak untuk memberantas penyakit malaria di Kabupaten Tabalong. 

"Terima kasih atas kerja keras jajaran Dinas Kesehatan dengan dukungan Camat, Kepala Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat karena ditengah keterbatasan sarana dan prasarana, kita bisa meminimalisir penyakit malaria di masyarakat," puji Anang Syakhfiani. 

Beliau juga mengharapkan prestasi yang sudah diraih dapat terus ditingkatkan lebih baik lagi dimasa yang akan datang. 

"Hal ini dapat dicapai dengan kerja keras dan kerjasama," tambah Bupati Tabalong. 

Sebagai informasi, Gema Bersinar Malaria merupakan sebuah terobosan yang dilakukan untuk memberantas malaria secara sistematis yaitu melalui edukasi, pencegahan hingga ketahap pengobatan kepada masyarakat. 

Sejak tahun 2015 data kasus malaria Terus turun secara signifikan, yang sebelumnya Tabalong masuk kedalam zona merah dan saat ini berada di zona hijau. 

Dari 33 Kabupaten/Kota diseluruh provinsi, Kabupaten Tabalong adalah salah satu Kabupaten di Kalimantan Selatan yang menerima sertifikat eleminasi malaria.  Dan dari Kalimantan Selatan hanya 2 kabupaten yang menerima sertifikat eliminasi malaria, yaitu kabupaten Tabalong dan Kabupaten tanah laut. 

Is/ may
Tabalong
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya