Bertemu Pelaku UMKM di Kalsel, Sandiaga Harap Dapat Tingkatkan Perekonomian Pasca Pandemi

 
hallobanua.com, Banjarmasin - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, melaksanakan kunjungan  ke Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Kamis (02/06/22). 

Di Banjarmasin sendiri, Sandi Uno bakal menghadiri beberapa agenda bergengsi di Kota Banjarmasin, hingga ke daerah lain di Provinsi Kalsel, hingga Sabtu (04/06/22) mendatang. 

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno juga sempat mengunjungi para pelaku UMKM di Kalsel, dan menghadiri Pelatihan dan Workshop Pemberdayaan UMKM di Resto Apung, Jl RE Martadinata, pada Kamis malam (2/5/22). 

"Pelatihan dan workshop bersama pelaku UMKM di Banjarmasin, Kalsel ini tentunya kami sangat apresiasi bahwa pelaku UMKM dan pelaku kreatif dan pariwisata di Kalsel ini sangat optimis melihat peluang meningkatkan ekonomi kita," ujar Sandiaga Uno, Kamis, (02/06/22) malam. 

Sandiaga tak menampik jika ada tantangan tersendiri untuk meningkatkan perekonomian disituasi global saat ini. 

"Terutama berkaitan dengan pangan, oleh karena itu saya sangat apresiasi pelatihan ini karena bisa memberikan tambahan penghasilan, juga mengurangi biaya para pelaku usaha baik usaha kuliner ataupun usaha lainnya," katanya. 

Ia pun yakin, dengan adanya pelatihan dan workshop ini dapat membuka peluang usaha di Kalsel. 

Ditanya terkait adanya keluhan pelaku UMKM akan sulitnya perizinan dan pembuatan badan hukum? 

Sandiaga Uno mengaku bahwa pemerintah akan berkoordinasi untuk mempermudah perizinan tersebut. 

"Terutama bagi para pelaku UMKM, mulai dari pembuatan, hingga perizinan BPOM sampai pembuatan merk. Mudah-mudahan ini bisa meringankan beban para UMKM selama ini merasakan perizinan dipersulit," pungkasnya. 

"Tantangan pasca pandemi ini kita akan permudah perizinan," tutup Sandi. 

Diketahui pelatihan yang dihadiri Kemenparekraf tersebut, juga dihadiri para lelaku UMKM pembuatan sabun cair Hand Soap, Sabun Cuci Piring, dab Sabun Pel Lantai. 

Turut serta mendampingi Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina yang saat Pemko Banjarmasin sangat konsen terhadap perkembangan UMKM di Banjarmasin, melalui program Wira Usaha Baru (WUB). 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya