Deklarasi Mulai Marak di Banjarmasin, Bawaslu Himbau Para Relawan Kedepankan Politik Santun


hallobanua.com, BANJARMASIN - Setelah resmi dilaunching, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin mulai menyosialisasikan tahapan  Pemilu Serentak 2024. 

Peluncurannya pun diikuti KPU Kota Banjarmasin, bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama sejumlah Stakeholder dan perwakilan Partai Politik (Parpol) pada Selasa (14/06/22) malam. 

Saat ini pun, berbagai kalangan mulai dari  Tim Sukses (Timses) hingga relawan diketahui sudah mulai mendekralasikan beberapa tokoh untuk didukung diajang pesta demokrasi ajang 5 tahunan. 

Menyikapi itu, Ketua Bawaslu Banjarmasin, M Yassar pun mengungkapkan  hal itu sah-sah saja. 

Bukan tanpa alasan, karena saat ini kata dia, pemilu masih masuk tahapan persiapan, belum penyelenggaraan. 

"Jadi kalau memang ada yang melaksanakan dekralasi baik dari itu mengakunya timses maupun relawan, ya silahkan. Itu kan belum diatu," ujar Yassar, Jumat (17/06/22). 

Meski begitu kata Yassar, Bawaslu tetap menghimbau para deklarator untuk tetap mengedepankan pola politik yang santun. 

"Jangan sampai membuat polarisasi, jangan sampai membuat kegaduhan. Karena juga calonnya masih belum ditetapkan dan masa pencalonan masih lama," katanya. 

Kecuali kata dia, jika masuk tahapan pencalonan, maka para calon wajib didaftarkan di KPU seperti timses, tim relawan hingga tim kampanye. 

"Intinya mereka wajib terdaftar di KPU, jadi kalau untuk deklarasi silahkan, tapi kalau sudah berkampanye harapnya jangan menyebar kampanye hitam," jelasnya. 

Sekali lagi, Yassar pun berpesan bagi para relawan dan deklarator untuk mengedepankan politik yang santun. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya