Desa Maju Makmur Batulicin Tanbu Punya Dapur Sehat Atasi Stunting

 
hallobanua.com, TANAH BUMBU– Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Tanah Bumbu meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT), di Kampung KB Maju Makmur Batulicin, Selasa (14/6/2022). 

DASHAT ini merupakan program yang digulirkan oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dan dilaksanakan di seluruh willayah Indonesia dengan menggandeng unit kerja terkait di daerah. 

Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah, menyambut baik dan sangat mengapresiasi peluncuran DASHAT di desa itu. 

Karena menurutnya, program DASHAT sangat strategis untuk mencegah dan mengatasi stunting melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat, dalam pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting, yakni keluarga yang memiliki calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita stunting terutama dari keluarga kurang mampu. 

Program DASHAT itu sendiri merupakan tindaklanjut dari arahan Bapak Presiden Jokowi, terkait dengan percepatan pengentasan stunting, dengan target harus berada di angka 14% pada tahun 2024. 

“Waktu tinggal kurang lebih hanya 2 tahun lagi, sehingga kita harus bekerja keras dan cepat dalam rangka mencegah stunting pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan sampai anak berumur 2 tahun dengan memberikan asupan gizi yang seimbang,” sebutnya. 

Oleh karena itu, pemerintah daerah berharap dengan adanya Program DASHAT ini, dapat terpenuhi kebutuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, bayi dan belita. Sehingga dapat meminimalisir terjadinya kasus stunting di Kabupaten Tanah Bumbu, 

“Tentunya kami juga berharap, Kampung KB Maju Makmur Batulicin bisa menjadi contoh bagi Desa/Kelurahan lainnya dalam menjalankan program DASHAT ini, sebagai upaya mengatasi dan mencegah stunting di Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya. 

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas P3AP2KB, Narni, Camat Batulicin, Suryadi beserta unsur Muspika, para kepala desa dan TP PKK desa se Kecamatan Batulicin, serta Narasumber kegiatan dari Kemendagri dan BRIN. 

Ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya