DLH Kedatangan Konvektor Baru, Ini Fungsinya


hallobanua.com, BANJARMASIN - Sebanyak 3 unit mobil angkutan jenis konvektor telah tiba di Balai Kota Banjarmasin pada Senin, (13/06/22) kemarin. 

Mobil truk berwarna oranye-putih tersebut merupakan armada baru milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin. 

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, DLH Banjarmasin, Marzuki mengatakan, saat ini sudah ada 13 unit konvektor yang siap mengangkut sampah di Kota Banjarmasin. 

Ia mengataka, angkutan konvektor ini dapat mengangkut sampah lebih banyak ketimbang truk pengangkut sampah biasa. 

"Kapasitas satu unit mobil konvektor ini lebih banyak dibandingkan angkutan biasa. Bisa sampai 4 ton,"ungkapnya. 

Tidak hanya itu, konvektor tersebut kata pria disapa Zek itu, fungsinya selain mobil mengangkut juga memiliki alat press atau pemadatan sampah yang dibawa. 

"Satu unit konvektor bisa melayani sebanyak 30 paman gerobak yang membawa sampah dari pemukiman warga," ujarnya. 

Zek bilang, dengan kemampuan unit konvektor tersebut sesuai dengan harganya yang mencapai 1 miliar lebih. 

"Tapi untuk titik layanan yang dijalankan oleh mobil konvektor tambahan ini masih belum diatur. Untuk supir atau operatornya juga tetap memakai petugas yang ada," imbuhnya. 

Dibeberkan Zek, bahwa pengadaan unit konvektor ini dilakukan sebagai bentuk upaya memperbaiki layanan angkutan sampah dalam segi kualitas angkutan. 

"Karena dengan angkutan ini tidak menimbulkan bau di jalan, air lendirnya tidak berceceran, sampahnya juga tidak berhamburan. Pelan-pelan peremajaan unit angkutan sampah milik kita sesuai dengan kemampuan keuangan daerah. Kedepan seluruh armada-armada angkutan kita menuju ke jenis konvektor," harapnya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya