Indeks LiterasiTinggi Jadi Acuan Perpusnas dan ANRI Gelar Kegiatan di Kalsel


hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Dispersip Kalsel melaksanakan program nasional bersama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (Anri).

Pasalnya, Kalsel dipercaya saat ini sebagai Pemegang Indeks Pembangunan Literasi Tertinggi se-Indonesia.

Kegiatan dimulai pada Senin, (21/06/22) dibidang Perpustakaan. Perpusnas melaksanakan kegiatan Sertifikasi Pustakawan, hingga 23 Juni 2022 nanti.

“Sertifikasi kompetensi pustakawan merupakan salah satu bentuk pengakuan atas kemampuan dari pustakawan. Dan Provinsi Kalsel mendapat kehormatan terpilih menjadi tempat ujian sertifikasi pustakawan tersebut,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan dan Kerjasama Dispersip Kalsel, Wildan Akhyar.

Wildan pun berharap, dengan adanya kegiatan ini, kedepannya akan diketahui kemampuan pustakawan yang ada di provinsi Kasel.

Sehingga pustakawan bisa menjadi termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuannya.

Selain itu, untuk kegiatn Anri menyasar bidang Arsip, yang melaksanakan program Risk Assessment.

Yaitu untuk menghimpun database kerusakan arsip, serta melakukan pendampingan praktek penilaian terhadap potensi bahaya kerusakan, guna dapat menentukan langkah-langkah pelestarian khazanah arsip statis yang tersimpan di Lembaga Kearsipan.

“Prioritas kita untuk Provinsi, kita lakukan asesment menerapkan arsip bernilai pertanggung jawaban nasional, salah satunya di Kalsel,” tutur Arsiparis Madya yang meruapakan Kordinator Laboraturium Reserfasi Arsip Nasional Yana Sugiana.

Adapun kegiatan tersebut, berlangsung selam 3 hari yang seluruh biayanya langsung dari pemerintah pusat.

Penulis : rian ahkmad/ may
Kalsel

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya