Kemeriahan Banjarmasin Village Festival, Walikota Ajak Masyarakat Melestarikan Tradisi Baayun Maulid

 

hallobanua.com, BANJARMASIN - Gelaran Banjarmasin Village Festival (BVF) 2022 di Kawasan Kampung Wisata Religi Kubah Basirih Kecamatan Bajarmasin Barat berlangsung meriah. 

Beberapa rangkaian kegiatan memeriahkan BVF tersebit seperti pertunjukan Sinoman Hadrah, lomba menghias di acara Baayun Maulid, hingga membuat 1000 wadai cincin yang bakal dilaksanakan pada Sabtu, (24/06/22) besok. 

Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Wakilnya H Ariffin Noor mengatakan, festival yang kedua ini dilaksanakan tentunya untuk penguatan destinasi pariwisata, khususnya Kubah Basirih. 

"Makanya kita laksanakan disini. Mudah-mudahan ini memperkuat warisan budaya di Kubah Basirih," katanya. 

Ibnu Sina bersama jajaran juga sempat berkeliling ke stand UMKM untuk melihat produk unggulan  yang dijual, serta menyaksikan  langsung tradisi budaya khas di Kalsel yakni Baayun Maulid. 

"Tadi kita lihat, lomba menghias ayunan di Baayun Maulid.  Mereka semua punya kreasi yang berbeda, tapi tetap mengikuti pakemnya seperti ada unsur rukun Iman dan rukun Islam," ujar Ketua DPD Demokrat Kalsel. 

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi menuturkan, kegiatan yang digelar di komplek Kubah Habib Hamid bin Abbas Bahasyim digelar mulai tanggal 24 sampai 26 Juni 2022. 

"Sampai hari Minggu nanti penutupan. Jadi kita rangkai juga dengan lomba hias baayun maulid ini," terangnya. 

Iwan pun berharap, pelaksanaan Banjarmasin Village Festival 2022 ini terus bisa dilaksanakan  ditahun-tahun mendatang. 

"Tahun 2020 itu kan pertama. Tapi karena Covid-19 terhenti. Semoga tahun depan bisa dilaksanakan kembali setelah sesuai hasil rapat tim, dan ditempat wisata mana nanti pelaksaannya," pungkasya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya