Pemkab Tanbu Terima Sosialisasi Percepatan Penurunan Konsumsi Beras


hallobanua.com, TANAH BUMBU –Program percepatan penurunan konsumsi beras di Tanah Bumbu, disosialisasikan Pemprov Kalimantan Selatan. Upaya ini, disampaikan melalui Dinas Ketahanan Pangan di Aula Ketahanan Pangan Gunung Tinggi Tanbu, Rabu (22/06/2022). 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Fathurrahman menjelaskan sosialisasi itu bertujuan, mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap sumber karbohidrat dari beras, melalui diversifikasi pangan lokal yang difokuskan pada komoditas pengganti seperti jagung, ubi kayu, sagu, kentang, talas dan pisang. 

Pemilihan lokus diversifikasi didasarkan pada konsumsi pangan masyarakat setempat pada komoditas pengganti tersebut. Mengingat keberhasilan diversifikasi pangan akan tergantung dengan kebiasaan atau pola hidup masyarakat yang menjadi lokus. 

Menurutnya, ada beberapa upaya dilakukan pemerintah untuk melakukan diversifikasi, diantaranya ialah dengan meningkatkan produksi atau ketersediaan komoditas pengganti beras melalui pemanfaatan teknologi tinggi, penggunaan bibit unggul serta peningkatan skala usaha tani. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu, Lamijan melaporkan, konsumsi beras di Bumi Bersujud berkaitan erat dengan konsumsi komoditas pengganti. 

“Apabila konsumsi beras turun, maka konsumsi komoditas pengganti, terutama umbi-umbian akan cenderung naik,” ungkapnya. 

Dikatakan, usaha dilakukan oleh pemerintah daerah dalam melakukan diversifikasi konsumsi pangan antara lain dengan pengembangan pangan lokal beragam, bergizi, sehat, aman, dan menggalakkan gerakan satu hari tanpa nasi di kalangan masyarakat. 

Untuk diketahui, sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Balai Penyuluh Pertanian dan para mantri tani dari 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu. 

Ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya