Tidak Pakai Masker di Ruang Terbuka, Ini Tanggapan Warga Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN  - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Banjarmasin saat ini sudah berada pada level 1. 

Pemerintah pusat pun juga mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19 dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker di ruang terbuka. 

Hal tersebut merupakan langkah awal memulai transisi dari pandemi ke masa  endemi sesuai dengan kebijakan yang diumumkan sebelumnya oleh Presiden RI Joko Widodo. 

Kebijakan itu pun disambut baik warga di Kota Seribu Sungi ini. Rika salah satunya, warga yang melakukan aktifitas lari pagi merasa senang sudah bisa beraktivitas di luar ruangan  tanpa menggunakan masker. 

"Ya lebih segar tentunya. Kalau dulu jogging di siring agak sulit bernafas. Sekarang lebih leluasa," ungkap ibu rumah tangga 35 tahun itu. 

Benar saja, saat ini aktifitas lari pagi dan car free day di kawasan Masjid Sabilal Muhtadin, sampai kawasan wisata di Siring Pierre Tendean Banjarmasin mulai ramai dikunjungi masyarakat. 

Meski begitu, ibu dua anak itu mengaku, tetap taat protokol kesehatan ditempat khusus seperti rumah sakit dan pelayanan publik. 

"Tapi kalau di kantor atau di bank, tetap kita pakai maskernya,"pungkasnya. 

Senada dengannya, Mohammad Izza salah satu warga pendatang juga mengaku turut mendukung pelonggaran yang dilakukan pemerintah. 

Ia berpendapat, saat ini sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya vaksinasi. 

"Toh saat ini warga sudah vaksin kok, jadi Covid-19 ini sudah seperti flu biasa," ujarnya. 

Pria asli Banyuwangi itu pun berharap, agar pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir. 

"Sudah dua tahun ini Covid. Ya mudahan suda beres semua dan bisa aktivitas normal seperti dulu, lagi" tutupnya. 

Memang sebelumnya, Presiden RI pun tetap menekankan pentingnya pemahaman masyarakat terkait perilaku hidup sehat yang merupakan tanggung jawab masing-masing individu. 

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina juga mengaku dirinya sudah mulai berani melepas masker di ruang terbuka. 

Bukan tanpa alasan, hal itu menurutnya karena memang sudah ada arahan dari Presiden RI, untuk boleh membuka masker di tempat umum. 

"Apalagi kalau sudah dibooster, Insya Allah akan aman. Kecuali yang sedang sakit atau flu, tetap pakai masker," ujarnya. 

Meski begitu, Ia bilang bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 akan terus digeber, untuk meningkatkan angka vaksinasi. 

"Tetap program vaksinasi kita jalankan, dan kita juga akan menyelesaikan program BIAN. Setelahnya akan dilanjutkan lagi," katanya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya