Vertical Rescue Tabalong Salurkan Bantuan Untuk Mesjid Salikung

 
hallobanua.com, TANJUNG - Vertical Rescue (VR) Tabalong dibawah naungan Federasi Panjat Tebing Indonesia Kabupaten Tabalong menyalurkan bantuan untuk pembangunan Mesjid Nurul Yakin di Desa Salikung, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong yang kemarin hangus terbakar, Minggu (12/6/22). 

Menuju ke Desa Salikung, VR Tabalong mengerahkan 11 orang personil dengan melewati sungai yang terbilang arusnya cukup deras menggunakan perahu klotok atau sering disebut warga sekitar Katinting dan melawan arus. Selain jalur sungai juga ada juga jalur darat. 

Karena beberapa medan sungai ada yang surut, pihak personil terpaksa menceburkan kaki ke sungai untuk mendorong perahu bersama. 

Bahkan, terkadang juga membuat badan perahu tersangkut hingga mengakibatkan baling-baling perahu motor patah, dan untungnya sang Joki perahu selalu membawa cadangan untuk mengganti. 

Saat menyusuri sungai pun, personel disambut oleh berbagai hewan perimata dengan suaranya yamg khas seperti bekantan, owa-owa, hirangan, dan lain-lain. 

Keindahan alam pun terus berlanjut diiringi oleh bantaran sungai yang ada batu-batu alaminya hingga batu batu yang menyerupai tribun, warga sekitar menyebutnya Batu Bahatap. 

"Alhamdulillah tim sampai ke Desa Salikung dengan selamat semua, lengkap tidak ada kendala," ujar Koordinator Kegiatan VR Tabalong, Robby Rizaldi yang juga kerap disapa Anca. 

Usut punya usut, ternyata awal niat tim VR Tabalong di jauh hari sebelum mengirimkan bantuan mesjid yang satu satunya di Desa Salikung ini adalah hanya ingin melakukan misi susur sungai Salikung. 

"Waktu pas mau berencana berangkat, pas tanggal 1 Juni 2022 kemarin tiba-tiba ada kabar tidak mengenakan, yaitu Mesjid Desa Nurul Yakin di Desa Salikung hangus terbakar," ujar Anca, pria yang berperawakan gempal berisi ini. 

Mendapat kabar itu, akhirnya Vertical Rescue Tabalong memutuskan untuk melakukan aksi penggalangan dana di sejumlah titik persimpangan lampu merah. 

“Dari situ lalu tumbuh niat kami ingin sekaligus menggalang bantuan. Penggalangan dana dilakukan selama tiga hari,” jelas Anca. 

Tiga hari melakukan penggalangan, Vertical Rescue berhasil mengumpulkan sejumlah donasi dari masyarakat Tabalong baik itu berupa uang tunai dan peralatan ibadah. 

“Bantuan yang diterkumpul uang kurang lebih 11 juta dan peralatan ibadah sejadah, mukena dan karpet masjid,” terang anca. 

Anca pun berharap bantuan yang telah mereka dapat bermanfaat untuk warga Desa Salikung. 

“Semoga dengan bantuan ini masjid nurul yakin dapat lekas dibangun kembali,” harapnya. 

Sementara itu, bantuan yang berhasil dikumpulkan Vertical Rescue Tabalong diserahkan dan diterima langsung oleh Ketua Pengurus Masjid Nurul Yakin, Mahyuni usai sholat Isya berjamaah. 

Penyerahan bantuan juga turut disaksikan kepala desa setempat dan sejumlah warga. 

“Kami masyarakat salikung berterimakasih atas kedatangan vertical rescue tabalong yang datang malam ini membawakan banyak bantuan,” ucapnya usai menerima bantuan. 

Menurut Mahyuni, sampai saat ini sudah banyak bantuan yang bertanganan dari berbagai pihak. 

“Ada menyumbang lewat transfer rekening, nyumbang terpal, karpet mesjid dari berbagai komunitas yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu,” ungkapnya. 

Namun Mahyuni tetap berharap, masih ada pihak-pihak yang dapat membantu pembangunan kembali masjid di desanya. Sebab dana yang terkumpul masih jauh dari kata cukup. 

Is/ may
Tabalong
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya