DPRD Banjarmasin Setujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021

hallobanua.com, BANJARMASIN -  DPRD Kota Banjarmasin menerima Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2021. 

Persetujuan bersama Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2021 yang sebelumnya dibahas melalui Panitia Anggaran Dewan bersama Tim Panitia Anggaran Pemko Banjarmasin itu pun  disahkan dalam rapat paripurna tingkat II DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (6/7/2022). 

Rapat paripurna dipimpin oleh PLH Ketua sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Matnor Ali, didampingi Wakil Ketua Tugiatno ini dihadiri Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor dan sejumlah kepala SKPD. 

Pada kesempatan itu delapan (8) fraksi  menyampaikan pendapat akhir dan menyetujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD  menjadi Perda. Meski demikian, semua fraksi juga memberikan beberapa catatan serta masukan kepada pemerintah kota agar pelaksanaan APBD tahun 2022 ini lebih baik lagi. 

Usai paripurna, Matnor Ali mengatakan, hasil evaluasi LHP menurun sehingga masuk dalam kategori atau grade sedang. 

Ada dua faktor penyebabnya, yakni hasil PAD yang menurun yang tak sebanding dengan belanja pegawai yang tinggi. 
"Realisasi juga tak mencapai target yakni 15 dari 18 sektor pajak dan retribusi yang tak tercapai sehingga PAD turun atau tak mencapai target, dengan ini tak seimbang yang mengakibatkan grade juga turun, "ungkap Matnor. 

Dengan ini kami minta komitmen kepada kepala daerah agar komitmennya dalam menggali PAD ditingkatkan lagi pada tahun 2022. 

Matnor juga meminta kepada kepala daerah agar pada Minggu kedua sudah memasukkan KUAPPS ke DPRD agar sejumlah catatan tersebut menjadi bahan pembahasan. 

Wakil Walikota Banjarmasin Arifin Noor mengatakan catatan tersebut akan menjadi acuan bagi SKPD penghasil PAD. "Rasionalis pendapatan ini maka menjadi acuan dan target sehingga dapat menyiapkan strategi agar bisa meningkatkan PAD, 

"Kami juga akan mengejar sasaran dan pembangunan sehingga hasil PAD ini terlihat dan dapat dirasakan oleh masyarakat, "katanya. 

Arifin mengatakan, apapun yang  menjadi catatan DPRD akan menjadi perbaikan dan pembangunan bagi pemko Banjarmasin. 

Dya/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya