Habib Jindan Isi Tablik Akbar di Semarak Tahun Baru Islam di Marabahan

hallobanua.com, MARABAHAN -  Menyemarakkan Tahun Baru Islam 1444 H Pemkab Batola menggelar tablikj akbar, di Mesjid Agung Al-Anwar Marabahan, Minggu (31/07/2022). 

Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan hadir untuk.menyampaikan tausiyah dihadapan masyarakat Marabahan. 

“Perayaan Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu agenda penting dengan beragam sejarah di dalamnya. Tahun baru Islam diperingati setiap 1 Muharram sekaligus memperingati peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw dan para pengikut yang bermigrasi dari Mekah ke Madinah,” tutur Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan. 

Kegiatan Tabligh Akbar yang digelar di mesjid terbesar di Kota Marabahan ini selain menjadi agenda rutin bulanan dari Bupati Hj Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H Rahmadian Noor sekaligus untuk menyemarakan datangnya Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah. 

Pada kegiatan yang juga dihadiri Bupati Batola Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, Ketua DPRD Saleh, Sekda H Zulkipli Yadi Noor, para anggota forkopimda masing-masing beserta isteri/suami, Kakankemenag Anwar Hadimi, para pimpinan SKPD, camat, para habaib, ulama, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan berbagai lapisan masyarakat ini Habib Jindan menceritakan tentang peristiwa hijrahnya Rasulullah saw. 

Lebih jauh, habib dari Tangerang, Banten, ini mengutarakan, hijrahnya Nabi Muhammad saw dari Mekah terjadi di akhir bulan Safar dan tiba di Madinah Almunawarah pada 12 Rabiul Awal.  

Pimpinan Yayasan Al-Fachriyah, Tangerang, Banten ini mengutarakan, peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad saw dijadikan momentum Tahun Hijriyah atas inisiatif Sayyidina Umar bin Khatab RA yang bermusyawarah dengan para sahabat. 

Habib yang merupakan anggota Majelis Alwafa bi Ahdillah dan Penasehat Majelis Silaturahmi Ulama dan Habaib Tangerang ini juga banyak menceritakan perjuangan dan pengorbanan Nabi Muhammad saw selama berada di Mekah dan madinah dalam menegakan syiar dan agama Allah serta sikap dan perilaku mulia dalam kehidupan sehari-hari. 

“Di Mekah Nabi saw berdakwah 13 tahun dan di Madinah 10 tahun. Beliau menghadapi berbagai tantangan dan gangguan,” tuturnya. 

Sebelumnya, Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS mengutarakan, kegiatan tablik akbar ini merupakan agenda rutin bulanan yang ia programkan bersama Wabup H Rahmadian Noor. 

Sehubungan dengan tibanya Tahun Hijriyah, sebutnya, maka kegiatannya sekaligus untuk menyemarakan Tahun Baru Islam di samping juga kegiatan-kegiatan lainnya seperti Lomba Tanglong Kapal Hias, fashion show busana muslim, Festival Maulid Al-Habsyi, dan lainnya.


“Kami berharap Tahun Baru Hijriyah menjadi tahun barunya masyarakat Barito Kuala. Mengingat tahun Hijriyah Nabi Muhammad memulai hijrah,” ucapnya. 

Terkait dengan tausyiah, Noormiliyani bersyukur sudah 2 tahun bisa bersama-sama melaksanakan kegiatan tablik akbar. 

Untuk itu ia mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang terliebat terlebih kepada pengelola masjid atas kerjasama sehingga pelaksanaan setiap bulan bisa berjalan. 

Bupati satu-satunya wanita di Kalsel ini mengutarakan, melaksanakan kegiatan tablik akbar ini setiap bulan hingga akhir masa jabatannya 4 November 2022. 

Dan berencana di ujung jabatan pada Oktober 2022 mendatangkan Habib Sjech dari Solo untuk bershalawat bersama. 

“Mohon doanya para jemaah sekalian mudah-mudahan dikabulkan Allah agar Habib Sjech bisa hadir di sini untuk bersalawat bersama,” ajaknya. 

Habib Jindan bin Novel bin Salim bin Jindan tiba di Marabahan, Minggu (31/07/2022) sekitar pukul 19.30 Wita. Saat tiba habib langsung mampir ke kediaman bupati untuk bersilaturahmi dan Shalat Isya. Sekitar pukul 20.30 Wita habib dan beserta rombongan Bupati dan forkopimda menuju mesjid Agung Al-Anwar. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya