Bantu Kembangkan UMKM, Pemko Bangun Rumah Kemasan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sebagai bentuk kepedulian terhadap UMKM, Pemerintah Kota (pemko) Banjarmasin membangun Rumah Kemasan di Kawasan Komplek Meranti Raya Jl. Kayu Tangi No. 1 Kelurahan Alalak Utara, Banjarmasin Utara.

Menandai mulai dibangunnya Rumah Kemasan itu, dilakukan peletakan batu pertama oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman dan Kadisperdagin Banjarmasin, Ichrom Muftezar, Senin, (01/08/22). 

"Ini program kita untuk peningkatan, terkait Wira Usaha Baru (WUB) berbasis UMKM. Karena Banjarmasin Kota dagang dan jasa," ujar Ibnu Sina usai peletakan batu pertama. 

Menurut Ibnu, kehadiran rumah kemasan saat ini sangat diperlukan, karena masih banyak IKM dan UMKM di Kota Seribu Sungai memerlukan kemasan yang lebih menarik untuk memasarkan produknya.

"Kemasan ini kan penting untuk memastikan bahwa produk itu memiliki izin terjamin, dan ada 8 poin yang diinformasikan dikemasan itu serta label ekspayed maupun brandnya. Dan itu dibantu oleh rumah kemasan kita," ujarnya.

"Sehingga disamping memenuhi kriteria standar pengolahan pangan, juga memenuhi persyaratan terkait dengan kelayakan dipasarkan di pasar modern dan internasional," lanjutnya 

Oleh sebab itu, sekali lagi ia menekankan pentingnya setiap produk UMKM dikemas dengan baik. 

"Di Banjarmasin kalau soal rasa, dan hasil kreasi makanan kita semua enak dan bagus. Tapi ketika dikemas dengan tidak bagus sayang kan? nilainya jadi turun," pungkasnya.
 
Pucuk pimpinan Kota Baiman itu pun berharap, pembangunan rumah kemasan ini akan selesai sesuai targetnya. 

Sementara itu, Kepala Disperdagin Banjarmasin, Ichrom Muftezar membeberkan, adapun anggaran pembuatan rumah kemasan tersebut sebesar Rp 1,4 miliar lebih. 

"Sesuai disepakati pada penandatanganan kontrak itu sebesar 1 miliar 494 juta rupiah," ujarnya. 

Ditanya target pengerjaan? Tezar bilang akan diselesaikan tahun ini untuk tahap pertama, yakni pembangunan konstruksi bangunan untuk dibangun 2 lantai. 

"Untuk pelaksanaannya kita mulai tanggal 13 Juli 2022 lalu dan Insyallah diselesaikan pada 9 Novemver 2022. Setelah itu untuk jendela, pintu, keramik, HPL dan flapon kita anggarkan di tahun 2023,"pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya