Ini Kerjasama Pemko Banjarmasin dan Sucofindo Agar Sampah di TPS Bernilai Jual

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin terus mencari solusi terkait persoalan sampah di Kota Banjarmasin. 

Terbaru, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, mulai melakukan pertemuan dengan salah satu perwakilan perusahaan pelat merah yakni, PT Sucofindo. 

Keduanya bakal menjalin  kerja sama terkait mengupayakan sampah di TPS yang ada di Kota Banjarmasin, agar dikelola sedemikian rupa dan bisa bernilai jual. 

Kepala DLH Banjarmasin, Alive Yosvah Love menjelaskan, rencananya bakal ada mesin pengolah yang diletakan di TPS. 

"Tadi, rencana itu sudah diekspos. Kami menyambut baik rencana kerja sama ini," jelasnya usai pertemuan. 

Dilanjutkan Alive, pihaknya bersama dengan pihak PT Sucofindo, akan mensurvei TPS mana saja yang bisa dikerjasamakan, agar melihat kemungkinan untuk di mana TPS yang bisa diletakan mesin pengolah sampah yang ramah lingkungan tersebut. 

Mengingat, untuk peletakan alat itu, setidaknya perlu lahan seluas 200 meter persegi. 

"Kami akan survei dulu di TPS mana saja yang memungkinkan. Jadi, jami belum bisa memastikan kapan bisa direalisasikan," pungkas Alive. 

Sementara itu, perwakilan PT Sucofindo di Banjarmasin, Anwar Ramang, menjelaskan bahwa tidak hanya alat pengolah sampah saja yang diletakkan, akan tetapi juga ada edukasi masyarakat terkait bagaimana mengolah sampah menjadi barang berharga atau bernilai jual. Karena pengelolaan menggunakan peralatan dan metode teknokologi ramah lingkungan. 

"Saat ini kami masih menawarkan. Kapanpun disetujui, dan kapan mulai ingin direalisasikan, kami siap saja. Tinggal bagaimana nanti, apakah bisa menyediakan lahan minimal 200 meter persegi atau tidak, agar kami bisa meletakan alat pengolah sampah," ujarnya. 

"Kalau di Tempat Pemprosesan Akhir (TPA), mungkin bisa. Karena lahan di sana sudah luas," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya