Jembatan Sulawesi II Dibangun, Begini Detailnya


hallobanua.com, BANJARMASIN - Dua pekan lagi, rencananya proyek pembangunan Jembatan Sulawesi II mulai digarap. 

Berdasarkan nilai kontraknya, anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan jembatan kembar itu sebesar lebih dari Rp15 miliar. 

Dinas PUPR Banjarmasin pun menargetkan, jembatan yang menghubungkan Kelurahan Pasar Lama dan Kelurahan Sungai Jingah itu akan rampung selama 180 hari berdasarkan kalender. 

Saat diwawancar, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan di Dinas PUPR Banjarmasin, Dedy Hamdani mengatakan, saat ini pihak kontraktor tengah menyiapkan lahan untuk mempersiapkan jalur alternatif. 

Pasalnya, Jembatan Sulawesi II yang lama, akan ditutup pada tanggal 27 Juli sampai tanggal 31 Desember mendatang. 

"Sebagai gantinya atau selama pengerjaan jembatan berlangsung, Jembatan Sulawesi I bakal dilintasi dua arah. Baik pengendara yang dari arah Kelurahan Pasar Lama menuju arah Kelurahan Sungai Jingah atau pun sebaliknya," ujarnya kepada awak media. 

Meski bisa dilintasi dua arah, Dedy mengatakan jika untuk kendaraan jenis truk, tidak diperkenankan melintasi jembatan tersebut. 

Lalu, bagaimana dengan akses jalan warga sekitar seprti dari Jalan Masjid Jami yang hendak ke kawasan Jalan Antasan Kecil Timur (AKT), atau bagi warga yang dari atau hendak menuju ke kawasan Pasar Lama? 

Menjawab hal itu, jelas Dedy bahwa pihaknya saat ini, sedang membangun jalan alternatif. Dan dalam tahap proses pengerjaan. 

"Nantinya, jalan alternatif itu hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan mobil angkutan kecil khusus pikap saja," jelasnya. 

"Jalan masuk pasar ada pergeseran. Jalan utama sebelumnya, kami tutup karena termasuk dalam area pengerjaan pemancangan tiang konstruksi. Berbahaya bila dilalui pengendara," tambahnya. 

Ditanya terkait bagaimana desain Jembatan Sulawesi II yang baru? 

Menurut Dedy bentukya tidak jauh berbeda dengan Jembatan Sulawesi I yang berada tepat di sampingnya. 

"Bedanya, hanya lebih panjang saja. Kemudian, tiang jembatan yang dipancang, tidak berada di atas sungai. Tapi, berada di pknggir sungai," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya