Nasib ODGJ Bumi Bersujud Diperhatikan Pemkab Tanah Bumbu

Salah satu ODGJ (berbaju biru) tengah duduk untuk pemeriksaan data E-Ktp.(Foto: Pemkab Tanbu)


hallobanua.com, TANAH BUMBU –Nasib orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Bumi Bersujud begitu diperhatikan. Hal ini, dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Tanah Bumbu. 

Laporan masyarakat, telah ditemukannya ODGJ berkeliaran di sekitar SDN Batulicin 1, Kelurahan Batulicin. Oleh karena itu, melalui Dinas Sosial langsung menindaklanjutinya. 

Kepala Dinas Sosial Basuni mengatakan, ODGJ yang ditemukan itu langsung dibawa ke dinasnya untuk diberi penanganan lebih lanjut. 

“Seperti dibersihkan, diberi pakaian yang memadai dan dipotong ranbutnya. Untuk kemudian diserahkan ke Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, red) untuk melacak identitas orang tersebut,” kata Basuni saat dikonfirmasi pada Selasa (26/7/2022) 

Kemudian, Kepala Disdukcapil, Gento Hariyadi menjelaskan, dari pelacakan biometrik dilakukan, sidik jari ODGJ itu tidak ditemukan. Artinya orang tersebut belum pernah mendaftar dalam database kependudukan dan melakukan perekaman. 

Sementara ODGJ itu tidak dapat diajak berkomunikasi sehingga sulit melacak keberadaan keluarganya. 

Basuni mengungkapkan, dengan melihat situasi yang ada, maka Dinsos akan mengantar ODGJ itu ke Rumah Sakit Sambang Lihum Banjarmasin untuk diberikan penanganan medis lebih lanjut, dengan harapan akan diperoleh informasi lebih lanjut terkait ODGJ itu. 

“Semoga dalam 15 hari kedepan, sudah ditemukan daerah asal dari ODGJ tersebut, agar bisa diantar pulang kembali,” katanya. 

Sekedar diketahui, ODGJ ini begitu diperhatikan ketika Bupati, Abah dr HM Zairullah Azhar kembali menjabat sebagai kepala daerah. 

Ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya