Predikat Kota Layak Anak Banjarmasin Meningkat, Dari Madya Menjadi Nindya

hallobanua.com, BOGOR – Setelah tiga tahun berturut-turut meraih Penghargaan Kota Layak Anak (KLA) dengan predikat Madya, akhirnya pada tahun 2022 ini predikat KLA Kota Banjarmasin meningkat menjadi Nindya. 

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga itu, diterima Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, di Ballroom Novotel Bogor, Jumat (22/07/2022) tadi. 

Usai menerima penghargaan tersebut, H Arifin Noor berharap kepada dinas dan seluruh unsur terkait agar dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan raihan penghargaan yang sudah didapat. 

“Alhamdulillah pada tahun ini ada peningkatan untuk Kota Banjarmasin, mudah-mudahan bisa kita pertahankan dan semoga tahun depan dapat meningkat lagi menjadi kategori utama sehingga betul-betul menjadi Kota Layak Anak,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas PPPA Kota Banjarmasin, Madyan menjelaskan bahwa peningkatan predikat KLA Banjarmasin menjadi Nindya adalah karena Kota Banjarmasin memenuhi lima klaster atau indikator penilaian yang telah ditetapkan Kementerian PPPA RI. 


“Ada lima klaster yang kita penuhi, tahun ini semuanya kita penuhi dengan memberikan data, termasuk juga pelayanan kita terhadap kasus-kasus yang terjadi, kemudian mengatasi stunting juga termasuk upaya yang luar biasa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin,” terangnya. 

Adapun klaster yang menjadi kriteria penilaian KLA tahun 2022 diantaranya, Klaster I yaitu Hak Sipil dan Kebebasan, Klaster II yaitu Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Klaster III yaitu Kesehatan Dasar dan Kesejahteraan, Klaster IV yaitu Pendidikan, Pemanfaatan Waktu Luang dan Kegiatan Budaya, dan Klaster V yaitu Perlindungan Khusus. 

Tim Liputan/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya