Riska Larasati dan Fajrin Farisi Wakili Batola di KIA

hallobanua.com, MARABAHAN - Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Pemkab Batola) melalui Bappelitbang telah menggelar Lomba Inovasi Daerah Tahun 2022. 

Lomba tersebut untuk memacu dan memotivasi perangkat pemerintah dan masyarakat dalam berkreativitas sesuai karakteristik masalah dan kebutuhan ini melibatkan aparatur pemerintah dan masyarakat umum. 

Untuk kategori instansi pemerintah juara I diraih Riska Larasati SE dari Dinas PMD, juara II Fajrin Farisi SKom dari Bapegdiklat, juara III M Zainurrohmi SKM dari Dinkes, juara IV M Bakti Setiadi SKM MKes dari Dinkes, dan juara V Noor Aida Afrianti SKeb dari Dinkes. 

Sedangkan untuk kategori masyarakat umum juara I Anang Setyanto ST dari SMKN 2 Anjir Muara, juara II Hatni dari Desa Danda Jaya Kecamatan Rantau Bedauh, juara III Abdul Gani Majedi SIP MM dari Kelurahan Marabahan Kota, juara IV Khairullah ST dari SMKN 2 Anjir Pasar, dan juara V Zaki Reza Mubarak (Kelompok Siswa SMAN 1 Marabahan). 

Masing- masing juara mendapatkan uang pembinaan dan penghargaan dari Bupato Batola. 

Khusus untuk kategori instansi pemerintah bagi juara 1 dan 2 yakni Riska Larasati dan Fajrin Farisi berhak mewakili Kabupaten Batola pada Kalsel Innovation Award (KIA) yang diselenggarakan Pemprov Kalsel 10-11 Agustus 2022. 

Riska Larasati melakukan inovasi tentang penerapan transaksi non tunai pada anggaran belanja dan pendapatan desa di Kabupaten Batola. 

Hadirnya aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan perangkat desa (kepala urusan keuangan) tentang transaksi non tunai, meminimalisir penyalahgunaan wewenang oleh kepala desa, terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang transparan dan akuntabel serta meningkatkan pelayanan dan pembinaan. 

Sementara Fajrin Farisi mengambil inovasi tentang pelayanan kepegawaian jarak jauh berbasis teknologi informasi melalui plaza kepegawaian. ASN yang berada di lingkup Pemkab Batola dapat mengirim permohonan pelayanan dengan melengkapi soft file berkas yang diperlukan kemudian diproses oleh petugas di Bapegdiklat dan hasilnya dapat diunduh langsung melalui plaza kepegawaian atau langsung mengambil berkas fisiknya di loket kepegawaian satu pintu Bapegdiklat Batola. 

Sebelumnya, pada acara Penganugerahan Penghargaan Lomba Inovasi Daerah yang dilaksanakan di Aula Selidah, Kamis (28/07/2022), Bupati Batola Hj Noormiliyani AS menyatakan, dilaksanakannya lomba ini sebagai bentuk keseriusan Pemkab Batola dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dan percepatan terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat peningkatan daya saing daerah, serta memacu kebaharuan dalam tata kelola pemerintahan. 

“Penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras semua peserta dalam menciptakan berbagai inovasi yang bermanfaat untuk peningkatan kualitas pelayanan Pemkab Batola dalam berbagai bidang,” ujar Noormiliyani. 

Mantan anggota DPRD Provinsi Kalsel ini berharap, tahun ini dan selanjutnya semua SKPD harus mampu menciptakan berbagai program dan kegiatan serta kebijakan yang memiliki inovasi dalam tata kelola pemerintahan, pelayanan publik maupun lainnya. 

Sehingga memacu kinerja birokrasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan selaras dengan Visi Misi RPJMD Kabupaten Batola periode 2017-2022. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya