Sambut Hari Kemerdekaan dan Harjad, Balai Kota Bersolek


hallobanua.com, BANJARMASIN - Menyambut hari Kemerdekaan pada bulan Agustus nanti, serta Hari Jadi (Harjad) Kota Banjarmasin ke 496, Pemko Banjarmasin mulai merias gedung Balai Kota. 

Terlihat Balai kota dicat ulang berwana cokelat dan putih serta halaman parkir dicat berwarna putih biru. 

Di depan lobi, tepatnya di carport juga dihias lukisan salah satu bangunan ikonik Kota Banjarmasin yaitu Menara Pandang. 

Saat diwawancara, Kasubag Rumah Tangga dan Perlengkapan di Bagian Umum Setdako Banjarmasin, Ahmad Zazuli mengakui jika pengerjaannya sendiri sudah mendapat persetujuan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. 

Pengerjaannya pun kata dia sudah berlangsung sejak beberapa hari yang lalu. 

"Untuk lukisan khusus di carport, kami meminta kontraktor untuk mendatangkan pengecat yang juga memiliki keahlian melukis," ucapnya belum lama tadi. 

Ditanya mengapa lukisan Menara Pandang yang digambar di carport? Zazuli bilang agar menampilkan kekhasan Banjarmasin. 

"Biar selaras dengan ornamen tameng yang dipasang di pilar gedung Balai Kota," katanya. 

Adapun anggaran yang dikucurkan, ia memperkirakan di bawah angka Rp100 juta. Pengerjaan pengecatan pun ditarget rampung sebelum momen perayaan kemerdekaan. 

"Saya lupa angka pastinya. Namun, angka itu sudah meliputi upah pekerja, bahan yang dibutuhkan dan lain sebagainya," bebernya. 

"Bila sudah selesai, ada waktu pemeliharaan selama 90 hari. Jadi, bila luntur masih bisa dicat ulang," sambungnya. 

Selain itu, lntaran kerap dilalui kendaraan bermotor, khusus untuk carport Zazuli meminta agar lukisan di situ memakai cat khusus. Yang diperkirakan, ketahanannya bisa sampai dua tahun. 

"Kami ingin menutup kawasan carport sementara. Tapi, tidak mungkin. Karena selain ada tamu-tamu penting yang datang ke balai kota, juga sebentar lagi bakal ada latihan paskibra. Tapi sekali lagi, carport itu juga termasuk dalam pemeliharaan kontraktor. Kami meminta agar kontraktor bisa menjaga. Misalnya, kalau luntur sedikit langsung dicat lagi," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya