Tak Efektif, Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri di Menara Pandang Bakal Ditempatkan di Kecamatan

 
hallobanua.com, BANJARMASIN- Pasca diresmikan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pada tahun 2021 lalu, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banjarmasin dirasa tidak efektif. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman menjelaskan, bahwa mesin ADM yang ada di lantai dasar gedung Menara Pandang, Siring Piere Tendean, Banjarmasin itu hanyalah sebagai alternatif saja. 

"Pelayanan utamanya segala bentuk administrasi kependudukan dilakukan secara langsung," ujar Ikhsan. 

Ikhsan pun mengakui, jika operasional mesin ADM itu tidak berjalan secara optimal dalam menjalankan sebagai fasilitas pelayanan masyarakat. 

Ia memaparkan, jika saat hendak mencetak berkas, mesin ADM yang ada ini masih harus memerlukan password atau pin yang hanya bisa diambil melalui petugas pelayanan di kantor kecamatan. Atau, langsung ke Disdukcapil. 

"Ini berhubungan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terpadu. Ada beberapa data yang perlu dilaporkan ke pemerintah pusat. Terkadang prosesnya bisa memakan waktu. Jadi lebih baik, pelayanan konvensional yang dimassifkan," paparnya. 

Oleh sebab itu, Ikhsan pun mengaku bakal mengusulkan agar nantinya mesin ADM diletakan di kantor kecamatan atau di Disdukcapil saja. 

Atau kalaupun bila mesinnya diperbanyak, diletakan di titik yang dekat dengan kantor kecamatan. 

"Rencana saya seperti itu, supaya pelayanan menggunakan mesin ADM ini bisa maksimal," pungkasnya. 

Diketahui, mesin ADM ini adalah merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang operasionalnya diseremonialkan pada 1 Desember 2021 lalu. 

ADM tersebut berfungsi sebagai sebuah sarana untuk melengkapi fasilitas digital Disdukcapil Banjarmasin, dalam rangka mencetak 3 dokumen kependudukan yaitu KTP Elektronik, Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. 

Namun sayangnya mesin ADM itu nyatanya tak beroperasi dengan maksimal. Berulang kali dari hasil pantauan, tak ada petugas jaga di ruangan mesin ADM, yang berada persis di bawah tangga gedung Menara Pandang itu. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya