Pantau Sungai di A Yani, PUPR Bakal Lanjutkan Normalisasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pasca diguyur hujan deras cukup lama pada Senin, (04/07/22) kemarin, bebarapa wilayah di Banjarmasin pun terendam banjir. 

Melihat kondisi itu, jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin pun langsung menindaklanjuti dengan turun ke lapangan. 

Dipimpin langsung Kepala Dinas PUPR Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah, jajaran didampingi Staf Ahli Wali Kota, Muryanta melakukan peninjauan langsung ke sungai di jalan Ahmad Yani pada Selasa (05/07/22). 

"Kami mencoba melihat kembali dimana potensi titik-titik penyumbatan," ucap perempuan disapa Ibu Yayah itu disela-sela peninjauan. 

Yayah menerangkan, peninjauan dilakukan dari sungai di kawasan Ahmad Yani kilometer satu sampai dengan Ahmad Yani kilometer empat. 

Adapun tujuannya kata dia untuk bisa mengkoneksikan sungai kecil ke Sungai Pekapuran, Sungai Guring dan Sungai Veteran. 

"Kita sudah ada desainnya. Tapi kami coba urai lagi satu persatu skala prioritas yang kita tangani," paparnya. 

Ia pun lantas merencanakan, untuk melakukan normalisasi di Sungai Guring agar bisa berfungsi. Baik disaat air pasang maupun di saluran drainase. 

Sebagaimana diketahui, Sungai Guring belum pernah tersentuh oleh program normalisasi. 

Sehingga tak heran, beberapa kawasan seperti Lingkar Dalam dan Prona selalu menjadi sasaran banjir. 

"Mungkin normalisasinya bertahap. Karena menyangkut kawasan ekonomi masyarakat. Harus kita berikan solusinya bersama instansi-instansi terkait. Kami coba usulkan lebih dulu di APBD Perubahan. Namun juga ada di APBD murni yang kita kerjakan secara bertahap," pungkasya. 

rian akhmad/ may

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya