1 Tahun Derita Kanker Rahim, Pemko Banjarmasin Bantu Pengobatan Hingga Proses Operasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - 
Sri Ayu, seorang perempuan penderita Kanker rahim di Banjarmasin akhirnya mendapatkan pengobatan dari Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin. 

Diketahui, warga Jl. Veteran, Gang Kenari, Nomor 5 RT. 18 Kelurahan Melayu, Kecamatan Banjarmasin Tengah tersebut 1 tahun lamanya telah menderita tumor. 

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin, M Ramadhan menuturkan, bahwa Ayu didiagnosa mengidap CA atau kanker ovarium atau rahim. 

"Dapat informasi dari staf muda Wali Kota dan seharusnya dia itu menjalani kemoterapi. Tapi dia tidak mau, alhasil kita bujuk untuk menjalani pengobatan," ujar Kadinkes Banjarmasin. 

Dilanjutkan Ramadhan, Ayu memang memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), namun dalam keadaan nonaktif. 

Langkah cepat pun dilakukan pihaknya dengan berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarmasin dan dokter spesialis. 

"Sambil mengurus kartu itu, tetap kami langsung konsultasikan agar pasien ini diobati. Kita koordinasi dengan Dr. Hariyadi spesialis Onkologi RSUD Ulin," ujarnya. 

"Sebelum ke dokter di Ulin, sempat kita rujuk juga ke RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin, 3 hari untuk menstabilkan sesak nafasnya," lanjutnya. 

Akhirnya, setelah pengurusan KIS bersama pendamping, pada Jumat, (12/08/22) kemarin, Sri Ayu telah mendapatkan tindak operasi pengangkatan kanker di RSUD Ulin. 

"Masuk RS sekitar 2 mingguan sembari pemeriksaan lengkap. Kita diskusikan dan diakomodir dilakukan operasi. Dan dari informasi dokter, setelah 5 jam lebih operasi, gumpalan kanker yang diangkat itu beratnya sekitar 42 kilogram,"jelasnya. 

Saat ini pun kondisi Sri Ayu sudah mulai membaik dan masih dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin. 

"Kondisinya saat ini normal. HB nya, tekanannya semua normal. Semoga keadaanya membaik jadi tinggal pemeriksaan Patologi Anatomi (PA) aja lagi. Mudah-mudahan tidak ada lagi tumor yang tertiggal dan cepat sehat," paparnya.

Terakhir, Ramadhan pun berharap, Sri Ayu ini menjadi role model untuk masyarakat yang pengidap kanker agar dapat mendeteksi dini keberadaan kanker. 

"Agar bisa dilakukan tindakan klinis supaya kanker itu stadiumnya tidak meningkat," pungkasnya. 

Sementara itu, Sri Ayu melalui Dinkes Banjarmasin juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Banjarmasin telah memberikan pelayanan kesehatan. 

"Serta telah membantu mengalokasikan anggaran untuk dana pendamping pasien yang tidak mampu untuk berobat di rumah sakit," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya