20 Tahun Flobamora Kalsel, Bentuk Keberagaman di Kalsel

hallobanua.com, BANJARMASIN - Puncak rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Flobamora ke 20, berlangsung meriah di Gedung Mahligai Pancasila pada Sabtu, (20/08/22) tadi malam. 

Dengan mengenakan pakaian dari kain tenun khas flores, dan diiringi alunan musik serta tarian tradisional dari masyarakat bagian timur Indonesia, kegiatan dihadiri ratusan warga NTT di Kalimantan Selatan (Kalsel) yang tergabung dalam Flobamora Kalsel. 

Ketum Flobamora Kalsel, Theofilus Ruing mengatakan, acara ini merupakan bentuk semangat orang timur yang sekarang sudah bisa dikatakan memiliki keeksisan tersendiri di Kalsel. 

"Semangat itu juga kita tuangkan dengan mendukung pembangunan di banua, sesuai dengan arahan pak gubernur," ujarnya. 

Menurutnya, pihaknya sadar, biar bagaimanapun posisi orang-orang NTT di kalsel merupakan masyarakat perantauan yang mengadu nasib di kampung orang lain. 

"Karena itulah kami pasti akan terus menjaga serta menjunjung tinggi semangat kebersamaan, kerukunan dan toleransi dalam masyarakat, demi terciptanya keamanan dan ketertiban di Kalsel," tegasnya. 

Selain itu, acara HUT Flobamora ke 20 ini juga menjadi momen untuk membuktikan bahwa masyarakat timur di Kalsel sangat meghargai keberagaman di masyarakat. 

Karena selain sengaja mengundang perwakilan dari berbagai suku yang ada di Kalsel, pihaknya juga meminta tiga pemuka agama untuk melakukan doa lintas agama. 

"Saya tegaskan, acara ini tidak hanya untuk warga Flores saja. Ini untuk seluruh masyarakat yabg ada dalam satu ikatan keluarga besar antar suku bangsa yang ada di Kalsel,"paparnya. 

"Acara ini juga sebagai bukti kebersamaan kita dalam membangun Bumi Perjuangan Pangeran Antasari ini untuk maju dan lebih baik," pungkas Ketum. 

Terpisah, Ketua Pelaksana HUT ke-20 Flobamora Kalsel, Beza Etty Manafe menjelaskan, dalam acara yang digelar tadi malam, pihaknya sengaja menyuguhkan berbagai macam tarin adat khas masyarakat dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) 

"Kami ingin para tamu yang hadir juga bisa menikmati langsung indahnya budaya dari NTT, karena yang hadir tidak hanya dari Flobamora, ada juga dari suku-suku lain di Kalsel," ujarnya. 

Ia menegaskan, jika perayaan HUT Flobamora ini merupakan bentuk keberagaman budaya di Indonesia. 

"Pada intinya, acara perayaan HUT ke-20 Flobamora ini bertujuan untuk menunjukan indahnya keberagaman budaya di Indonesia," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya