Antisipasi Angka Inflasi Daerah, Ibnu Sina Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Bersam Presiden RI


hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah pusat gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional pengendalian inflasi 2022 melalui virtual meeting yang dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo. 

Rapat itu pun langsung diikuti Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ir Doyo Pudjadi dan Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin, Siane Apriliawati di Command Center Banjarmasin, Kamis (18/08/22). 

Saat diwawancara, Ibnu Sina menyampaikan arahan Presiden RI yaitu agar seluruh kepala daerah bersama sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan pengendalian inflasi di daerah masing masing. 

"Kepala daerah harus memahami betul secara detail apa saja faktor diantara 4 aspek yang harus diantisipasi keterkaitan dengan ketersediaan, keterjangkauan kemudian juga terkait dengan kerjasama dan kelancaran distribusi,"ucap Ibnu, (18/08/22). 

Ibnu menyebutkan angka inflasi Kota Banjarmasin saat ini berada diangka 6,05% dan angka tersebut masih diatas rata rata Nasional yaitu 4,94%. 

"Rata-rata Nasional kan 4,94% jadi diberikan arahan agar kita senantiasa mungkin terjun ke pasar melihat mengantisipasi kalo ada terkait dengan sumbatan distribusi kesenjangan dan lain sebagainya,"jelasnya. 

"Kami secara rutin setiap bulan rapat dengan TPID, dihadiri oleh semua pihak dan saya sedapat mungkin untuk hadir dan paling tidak memberikan arahan, kita memahami betul kondisi masyarakat hari ini yang sedang pandemi,"lanjutnya. 

Selain itu, terkait bahan pokok, ia mengatakan bahwa Kota Banjarmasin tidak menjadi penyebab inflasi karena memiliki suplai yang cukup. 

"Jangan sampai nanti masyarakat itu penghasilan tetap tapi karena inflasi daya belinya berkurang karena harga naik yang selama ini dialokasikan untuk kebutuhan dirumah tangga,"kata Ibnu. 

Menurutnya hal itu pihaknya harus kendalikan agar angka inflasi daerah Kota Seribu Sungai tidak terus naik. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya