Bimtek Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Diharapkan Pemkab Tanbu Tingkatkan Ini


hallobanua.com, TANAH BUMBU - Sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) perizinan berusaha di Bumi Bersujud terus gencar disampaikan. Ada ratusan pelaku usaha mengikuti kegiatan diselenggarakan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tanah Bumbu yang bertempat di Hotel Ebony Batulicin, Kamis (25/8/2022). 

Bimtek mengusung tema "Perizinan Berusaha Berbasis Resiko atau Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA) dibuka ini, mengutamakan pelaku usaha yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) baik pengusaha besar maupun pengusaha mikro. 

Kepala DPMPTSP Tanah Bumbu, Andrianto Wicaksono mengatakan, pihaknya menggelar kegiatan bimbingan teknis perizinan berusaha berbasis resiko (OSS) dengan tujuan memudahkan perizinan pelaku usaha besar maupun mikro. 

"Ada tiga item yang dilaksanakan pada hari ini pertama mengenai bimtek OSS untuk pengusuran nomor izin berusahanya, yang kedua pengenalan perda nomor 3 tahun 2022 yang mengadopsi tentang undang undang cipta kerja  dan PP nomor 5  Tahun 2021 dan yang terakhir terkait izin setifikasi halal serta layak konsumsi," Kata Kepala DPMPTSP Tanbu. 

Dikatakan, Bimtek ini dinilai membatu para pelaku usaha ada di Tanah Bumbu dalam pengurusan NIB, dengan ada nya Izin tersebut tentu akan mempermudah bantuan bantuan yang akan di berikan oleh pemerintah pusat maupun daerah  kepada pelaku usaha ,salah satunya yakni, pengusaha mikro akan lebih mudah mendapatkan bantuan baik dari perbankan maupun DKUMP2 apabila sudah memiliki izin. 

"Saya berharap kepada seluruh peserta bimtek agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, sebab ini merupakan program yang baik, dan terus akan kita laksanakan setiap tahun melalui anggaran dana DAK Tahun Anggaran 2022," Tandasnya. 

Dikesempatan sama, Bupati Tanah Bumbu dr H.M Zairullah Azhar dalam sambutanya dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Ir. Mariani mengatakan, Pemkab Tanah Bumbu menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakannya Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha berbasis Risiko Online Single Subbmission Risked Bassed Approach (OSS-RBA). 

"Karena sektor koperasi dan UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Nasional sehingga diperlukan aspek legalitas untuk mendorong para pelaku usaha untuk mengurus ijin melalui system OSS-RBA," ujarnya. 

Oleh karena itu, ia mengharapkan melalui Bimtek Perizinan Berusaha berbasis Risiko OSS tentunya dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pelaku usaha dapat melakukan proses perizinan OSS-RBA secara mandiri, sehingga para pelaku usaha dapat lebih memahami akan seluk beluk system untuk memudahkan perizinan berusaha. 

Ags / may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya