Bupati Batola Berharap Penanganan Permukiman Diperlukan Kerjasama Semua Stakeholder


hallobanua.com, MARABAHAN - Menangani permasalahan perumahan dan kawasan permukiman (perkim) tak dapat hanya dilakukan satu instansi/SKPD, namun perlu dukungan kerja sama antar instansi/SKPD dan stakeholder sesuai wewenang, tugas pokok, dan fungsi (topoksi).

“Kolaborasi dan sinergi antar SKPD dan stakeholder terkait dapat menyelesaikan berbagai persoalan perumahan dan kawasan permukiman dari berbagai sektor baik secara fisik maupun non fisik,” tutur Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS saat membuka Kick Off Meeting Kelompok Kerja Perumahan dan Permukiman (Pokja PKP), di Aula Bahalap Setdakab Batola, Senin (08/08/2022).

Saat ini, sebut Noormiliyani, rumah merupakan salah satu yang harus dipenuhi setiap keluarga dari berbagai kebutuhan dan peranan dalam keluarga.

Oleh karenanya rumah harus memenuhi persyaratan keselamatan bangunan dan kecukupan minimun luas bangunan serta kesehatan penghuninya yang mampu dijangkau seluruh lapisan masyarakat.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengutarakan, rumah yang layak huni tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan manusia untuk beristirahat, berlindung, dan berbagai situasi dan ancaman seperti hujan, angin, dan panas matahari tapi juga mencakup aspek fisik, mental dan sosial.

Oleh karena itulah, lanjut Noormiliyani, maka untuk menjadi tempat berlindung syarat memenuhi rasa kenyamanan dan secara sosial dapat menjadi media yang baik bagi pelaksanaan bimbingan serta pendidikan keluarga.

Kendati untuk memenuhi persyaratan itu bukanlah hal mudah bagi sebagian besar masyarakat yang tergolong tidak mampu.

Dengan adanya Kelompok Kerja PKP Kabupaten Barito Kuala, Bupati Batolal ini berharap dapat menjadi wadah untuk berkoordinasi, berdiskusi, dan bekerja sama dalam mengurangi bahkan menuntaskan permasalahan kekumuhan di lingkungan perumahan dan kawasan permukiman yang ada di Kabupaten Barito Kuala.

“Pada kesempatan ini saya menginstruksikan kepada semua pimpinan SKPD yang terkait dalam Pokja PKP agar dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi di bidang perumahan dan kawasan permukiman, air bersih, sanitasi dan air limbah, pesampahan, serta proteksi kebakaran sehingga SKPD dapat mengakomodir segala rekomendasi,” pungkas Noormiliyani.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana yang merupakan Kabid Kawasan Permukiman Disperkim Batola, Hendra Surya mengutarakan, tujuan digelarnya  Kick Off Meeting Pokja PKP ini di antaranya dalam rangka menginventarisir permasalahan perumahan dan kawasan permukiman serta untuk menginisiasi tugas pokok dan fungsi masing-masing anggota pokja sesuai dengan ranah instansi dan bidang.

Sol/ may
Batola

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya