Peringatan HUT Kalsel, Dispora Gelar Lomba Gerak Jalan Santai

hallobanua.com, BANJARMASIN -  Dalam rangka memperingati Hari Jadi Propinsi Kalimantan Selatan ke 72 dan HUT ke 77 Proklamasi Kemeridekaan Ri, Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan menggelar lomba gerak jalan tingkat pelajar dan umum. 

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, di halaman kantor Setda Kalsel, Banjarbaru, Sabtu (6/8/22). 

Sahbirin Noor mengatakan kegiatan lomba gerak jalan 8, 17 dan 45 Km merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Pemprov Kalsel. 

“Ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-72 dan HUT ke 77 Proklamasi Kemerdekaan RI,” katanya. 

Ia mengatakan, gerak jalan merupakan salah satu kegiatan olahraga santai yang menyehatkan sehingga siapa saja bisa melakukannya. Apalagi di tengah pandemi covid -19, dengan tetap melaksanakan olahraga dalam meningkatkan imun tubuh. 

“Alhamdulillah di situasi pandemi, kegiatan olahraga seperti lomba gerak jalan tetap terlaksana, dan masyarakat menyambutnya dengan semangat,” ujarnya. 

Ia menjelaskan bahwa lomba gerak jalan ini memiliki makna menggugah semangat, disiplin dan mengingat sejarah, menanamkan kecintaan terhadap bangsa dan banua. 

“Semangat untuk terus bekerja sama membangun, serta semangat berbuat terbaik, bagi bangsa dan banua dengan satu misi untuk kemajuan pembangunan bagi seluruh rakyat indonesia,” ucapnya. 

Ia berharap, melalui lomba gerak jalan ini para peserta dapat mengaplikasikan, semangat dan makna yang terkandung di dalamnya mengingat kegiatan dilakukan setiap bulan Agustus dimana sebagaip peringatan hari kemerdekaan Indonesia. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan kegiatan lomba gerak jalan menelusuri jalan sepanjang  6, 12 dan 25 km. Kegiatan dilakukan selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu. 

“Jadi kegiatan ini masih di situasi covid-19 maka jaraknya kita kurangi. Bahkan kegiatan kita hari ini tetap mengedepankan protokol kesehatan,” kata Hermansyah. 

Ia mengatakan, para peserta yang mengikuti kegiatan lomba gerak jalan ini untuk kategori 6 km tingkat SD dan SMP ada 33 regu. Sedangkan untuk 12 km meliputi SMA/SMK, dewasa puteri dan SKPD di lingkup Pemprov Kalsel ada 44 regu. 

“Kemudian untuk dewasa putera atau umum jarak 25 Kilometer sampai saat ini masih lima regu,” ungkapnya.  

Lomba itu juga lomba gerak jalan memperebutkan hadiah uang tunai sebesar Rp197 juta dan piala bergilir Gubernur Kalsel. 

“Luar biasa antusiasme para peserta. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini bisa menggugah semangat juang para pemuda di Kalsel,”harap Hermansyah. 

Dya/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya