Ratusan Siswa SMKN 3 Banjarmasin Antusias Ikuti Worshop Media Siber dan Jurnalistik Bersama hallobanua.com

hallobanua.com, BANJARMASIN – Dalam rangka menyukseskan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMKN 3 Banjarmasin menggelar kegiatan workshop bertemakan Kupas Tuntas Praktik di Media Siber, Kamis pagi (11/08/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Aula SMK Negeri 3 Banjarrmasin itu, diikuti sedikitnya 300 orang siswa dari kelas XI dari jurusan Pemasaran, TKJ, Akuntansi dan Perkantoran serta Usaha Perjalanan Wisata.

Kegiatan ini juga terselenggara atas kolaborasi SMKN 3 Banjarmasin dengan manajemen hallobanua.com yang hadir sebagai pemateri, masing-masing menghadirkan M Januardi selaku Direktur PT Hallomedialoka Indonesia dan Maisuri sebagai penanggungjawab redaksi di hallobanua.com.

Tak hanya sekedar mendapatkan informasi seputar media siber dan berdirinya media online hallobanua.com, para siswa juga menerima tambahan ilmu dan wawasan  serta memahami cara membuat berita sesuai dengan kaidah sebuah produk jurnalistik hingga praktik langsung memahami rumus 5W 1H.

Tak kalah menariknya, siswa juga diminta untuk mempraktikan langsung cara membuat dan mengolah sebuah berita dengan memperhatikan unsur 5W1H.

“Saya sangat senang bisa belajar ilmu jurnalistik, apalagi baru kali ini saya baru mengenal  tentang unsur 5W1H dan yang namanya piramida terbalik, hingga bisa belajar langsung bagaimana menjadikan sebuah informasi hingga menjadi sebuah berita walau masih dalam tahap belajar,” tutur Suci Hayati, salah seorang siswa yang mengaku sangat antusias mengikuti workshop ini, Kamis (11/08/2022) 

Ditambahkannya, kegiatan workshop ini menurutnya sangat membantu para siswa untuk bisa memahami ilmu tentang kejurnalistikan dan media siber.

“Salut untuk hallobanua.com, berita yang disajikan jelas, bagus dan tidak hoax, terimakasih hallobanua.com,” timpal Suci.

Senada, Ibu Mentari, salah seorang guru pengajar di SMKN 3 Banjarmasin, berharap kegiatan workshop ini dapat bermanfaat bagi anak didiknya untuk bisa belajar dan memahami tentang media siber dan ilmu jurnalistik.

"Kegiatan ini bisa menambah wawasan dan pengalaman siswa dalam membuat berita, kebetulan di SMK Negeri 3 Banjarmasin ada juga ekskul tentang jurnalistik namun terbatas karena tidak terjun langsung ke lapangan hanya dalam ruang lingkup sekolah saja." kata Ibu Mentari.

Ia pun bersyukur para anak didiknya serius dan mengikuti kegiatan workshop ini dengan dengan seksama.

"Yang saya lihat dari tadi siswa-siswi mengikuti dengan baik, kemungkinan untuk 5W+1H sudah dapat mereka pahami, tinggal saja bagaimana mengaplikasinnya untuk bisa menjadi sebuah karya jurnalistik, dan bisa menjadi seorang jurnalistik yang bijak dan beretika.” timpalnya.

Melihat antusiasme siswa,  pihak SMKN 3 Banjarmasin berencana akan kembali menggelar kegiatan serupa dengan tema menarik lainnya.

Penulis : Amalia Putri & Fhatia Rahmawati-siswa SMKN3 Banjarmasin / may
Kota Banjarmasin
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya