RSUD Abdul Aziz Gelar Workshop RBA dan Tata Kelola


hallobanua.com, BATOLA - RSUD H Abdul Aziz Marabahan menggelar Workshop Penyusunan Rencana Bisnis Anggaran (RBA) dan Tata Kelola. 

Kegiatan yang dibuka Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS ini dilaksanakan di Hotel Best Western Banjarmasin, Jumat (12/08/2022). 

Workshop yang diikuti jajaran RSUD H Abdul Aziz Marabahan ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Kuala (Sekdakab Batola) H Zulkipli Yadi Noor selaku Pembina Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), dan SKPD terkait. 
Saat membuka kegiatan, Bupati Noormiliyani menyatakan, menyambut baik dan mengapresiasi mengingat melalui pelaksanaan selain bermanfaat mempererat silaturahmi sekaligus dapat menjadi media semua pihak untuk memperkuat komitmen dalam mensinergikan fungsi dan peran serta memberikan pelayanan yang prima dan terbaik kepada masyarakat. 

Sehingga diharapkan akan diperoleh pemahaman dan solusi antara penyelenggara dan masyarakat dengan kebijakan-kebijakan yang efektif dalam peningkatan kualitas terhadap pelayanan publik. 

“Sebagaimana kita ketahui rumah sakit merupakan organisasi komplek dan dinamis yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna dengan menyediakan layanan medis rawat inap, rawat jalan, gawat darurat serta pelayanan penunjang lainnya,” tutur Noormiliyani. 

Lebih jauh diutarakan, rumah sakit merupakan organisasi terdiri atas manajemen dan fungsional sehingga dalam pelaksanaannya harus memperhatikan aspek input, proses, output, dan outcome. 

Terkait input, menurut mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini, di antaranya yang harus diperhatikan seperti perencanaan dan pengadaan regulasi, SDM serta sarana dan prasarana. 

Sedangkan regulasi yang digunakan baik eksternal maupun internal berupa kebijakan direktur, SOP, pedoman dan panduan yang dibuat disesuaikan dengan kondisi rumah sakit. 

RSUD H Abdul Aziz Marabahan, sebut Noormiliyani, merupakan salah satu penyelenggara pelayanan di bidang kesehatan di bawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dituntut untuk memberikan yang terbaik tanpa adanya kesalahan. 

Dan untuk menaunginya, lanjut bupati perlu adanya aturan sebagai pedoman hukum dan arah kebijakan yang jelas sehingga pelayanan dapat lebih optimal. 

Melalui workshop yang diselenggarakan bupati berharap dapat tersusun rencana bisnis anggaran RSUD Abdul Aziz Marabahan sebagai arah kebijakan dalam penyelenggaraan pelayanan yang efektif, efisien, dan fleksibel sehingga seluruh pelayanan dapat dilaksanakan dengan baik. 

Bupati juga mengingatkan, agar rencana bisnis anggaran yang akan disusun harus mencakup program kegiatan, target kinerja dan anggaran RSUD yang tentunya dengan tata kelola yang merupakan aturan dasar yang mengatur tata cara penyelenggaraan yang meliputi peraturan internal, korporasi dan internal staf medis. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya