Semarak Peringatan HAN 2022 di Batola

hallobanua.com  MARABAHAN - Meski sedikit molor, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2022 di Kabupaten Barito Kuala (Batola) berlangsung meriah. 

Peringatan yang dipusatkan di halaman Kantor Setdakab Batola, Selasa (30/08/2022), ini menampilkan berbagai rangkaian kreativitas anak maupun lomba. 

Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Rahmadian Noor dan Bunda PAUD Hj Saraswati Dwi Putranti, para anggota Forkopimda beserta isteri, para staf ahli bupati, asisten, para pimpinan SKPD, para camat dan isteri, para Kabag, para guru TK dan PAUD, forum anak daerah, dan undangan lainnya tampak sumringah menyaksikan kelucuan dan keluguan anak-anak PAUD dan TK yang tampil. 

Tak hanya itu, di acara ini turut diserahkan sejumlah hadiah lomba dalam rangkaian Peringatan HAN dan Gebyar PAUD di Batola ini seperti lomba senam, lomba menghafal Pancasila anak PAUD putra/putri, lomba mewarna anak PAUD putra/putri, lomba bercerita atau membaca buku Bunda PAUD kecamatan/kelurahan, lomba profil Bunda PAUD kecamatan, lomba prodil Bunda PAUD desa/kelurahan, lomba membuat alat permainan edukatif (APE Dalam), dan lomba paduan suara Mars Bunda PAUD.
Serunya lagi, pada puncak perayaan digelar senam bersama anak-anak TK dan PAUD bersama bupati, wakil bupati, para anggota forkopimda, Bunda PAUD Kabupaten Batola dan para pimpinan organisasi wanita lainnya. 

Lebih menarik lagi, Puncak Peringatan HAN tingkat Batola ini juga ditandai pelepasan balon Hari Anak Nasional oleh Bupati Noormiliyani, Wakil Bupati H Rahmadian Noor, para anggota Forkopimda, dan para pimpinan organisasi wanita di hadapan anak-anak PAUD, TK, guru-guru, dan undangan. 

Sebelumnya, Bupati Noormiliyani mengatakan, Peringatan HAN merupakan momentum untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusia, serta mendapat perlindungan dari kekerasan terhadap anak. 

Ditambahkannya, peringatan HAN Tahun 2022 ini telah memasuki masa pasca pandemi dimana terjadi perubahan dalam pola kehidupan anak dalam bermasyarakat, belajar dan memanfaatkan waktu luang dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan. 

Seiring itulah, lanjut Noormiliyani, sehingga tema HAN kali ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan tag line #pedulipascapandemicovid19, #anaktangguhpascapandemicovid19, dan #anaktangguhindonesialestari. 

Tema tersebut diambil,sebut bupati, sebagai motivasi bahwa pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan hari anak nasional dan mendorong berbagai pihak untuk memberikan kepedulian langsung di tengah-tengah masyarakat. 

"Untuk memastikan anak-anak Indonesia tetap tangguh menghadapi berbagai tantangan dalam pemenuhan hak-hak dan perlindungan khususnya anak pasca pandemi covid-19," pungkasnya. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya