Wali Kota Resmikan Groundbreaking Proyek Gedung DPRD Banjarmasin


hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina resmi memulai groundbreaking sebagai tanda dimulainya pembangunan tambahan gedung DPRD Kota Banjarmasin, Selasa (2/8/2022). 

Proyek penambahan Kantor DPRD dengan memanfaatkan lahan di samping gedung lama itu dikerjakan dengan sistem multiyears selama dua tahun anggaran yaitu 2022 hingga 2023 dengan pagu anggaran Rp 39 miliar . 

Selaku kontraktor pelaksana proyek dikerjakan oleh PT Rancang Bangun Banua dengan konsultan pendamping PT Wiraguna Sarana Teknik (WST).
Perencanaan penambahan gedung Kantor DPRD Kota Banjarmasin direncanakan sejak tahun 2015 dan baru terealisasi tahun 2022 setelah desain engineering development (DED) direvisi tahu. 2021 lalu. 

Menurut Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina direalisasikannya pembangunan Kantor DPRD Kota Banjarmasin untuk menunjang kinerja dewan. 

"Karena gedung lama kita akui sudah tidak memadai lagi, sehingga dibutuhkan penambahan pembangunan gedung baru yang lebih representatif," kata Ibnu Sina. 

Ia berharap dengan selesainya pembangunan gedung baru ini, anggota DPRD Kota dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara lebih maksimal, baik dalam melaksanakan fungsi legislasi, anggaran maupun pengawasan. 

"Diharapkan pula dalam pekerjaannya proyek ini berjalan lancar dan tetap mengutamakan mutu dan kualitas bangunan, " harap Ibnu Sina. 

Sementara, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Harry Wijaya mengatakan agar pelaksanaan penambahan gedung dewan ini berjalan lancar dan tanpa hambatan sehingga dapat diselesaikan tepat waktu. 

"Harapan ke depan dengan selesainya proyek penambahan gedung DPRD Banjarmasin ini akan lebih meningkatkan kinerja anggota dewan dalam mengemban amanah dan memperjuangkan aspirasi masyarakat, "tuturnya. 

Ia mengatakan, penambahan gedung baru ini karena kondisi gedung lama yang usianya sudah puluhan tahun dirasakan sudah tidak memadai lagi. 

Bahkan saat air pasang tinggi dan hujan deras kantor perwakilan rakyat ini menjadi langganan kebanjiran. 

Sementara Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah mengatakan, Pembangunan Gedung DPRD Banjarmasin didesain dengan mengusung konsep rumah adat Banjar Bubungan Tinggi berlantai tiga. 

Lantai satu dibangun basement atau tempat parkir. Lantai kedua ruang komisi dan anggota. Sementara lantai tiga untuk ruang rapat dan pimpinan. 

"Fasilitas lainnya diantaranya mushola dan ruang press room untuk wartawan, "ujarnya. 

Dya/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya