Agrowisata Talaran Jadi Lokasi Puncak Hari Jadi Marabahan


hallobanua.com, MARABAHAN - Hari jadi Kecamatan Marabahan ke 27 tahun 2022 diselengarakan di taman Agrowisata Talaran Setara. Beragam tarian ditampilkan di puncak hari jadi Ibu Kota Kabupaten Barito Kuala ini, Sabtu (3/9/2022). 

Sebelumnya digelar Marabahan Got Talent pada 23 Agustus dengan 60 anak yang mendaftar dan menampilkan beragam talenta,  seperti syair, pantomim, puisi, menyanyi kelompok dan solo, menari/tari kreasi, madihin, bulutangkis, karate, fashion show, kuda lumping, dan lain-lain. 

Kecamatan juga menggelar lomba cerdas cermat antar Desa yang dimenangkan Desa Sido Makmur, disusul Desa Baliuk dan juara 3 Desa Antar Jaya. Juga ada lomba penyuluhan Ketua TP PKK Desa dan Kelurahan yang dimenangkan Desa Karya Maju, disusul Desa Kelurahan Marabahan Kota dan juara tiga Desa Antar Baru, juga digelar beragam kegiatan lainnya. 

Camat Kecamatan Marabahan Eko Purnomo Sakti dalam sambutannya berterimakasih kepada Bupati Hj. Noormiliyani AS, yang berkat dukungan Bupati beragam fasilitas di Agrowisata Talaran Setara bisa dilengkapi. 

“Termasuk jalan poros daerah Talaran ke Tabukan yang kini semakin mulus. Bahkan jalan menuju Kuripan kini bisa dilalui melalui jalan darat,” ungkap pria yang akrab disapa Eko ini. 

Tambahnya, selama kepemimpinan Bupati Hj. Noormiliyani AS dan Wakil Bupati H. Rahmadian Noor kemajuan di Marabahan dapat dirasakan. 

Indikatornya dapat dilihat dari penilaian indeks Desa membangun  dari tahun ketahun terus menunjukkan peningkatan. 

Pada tahun 2019 sampai 2020 di Kecamatan Marabahan terdapat 2 Desa dengan kategori maju dan 6 Desa berkembang. Di tahun 2022 ini  telah terdapat satu Desa mandiri yakni Desa Bagus, 3 Desa Maju yakni Desa Antar Jaya dan Desa Karya Maju. 

Juga 4 Desa berkembang yakni Desa Penghulu, Desa Antar Raya, Desa Antar Baru dan Desa Sidomakmur. 

“Perkembangan ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah desa dan intervensi pemerintah Kabupaten,” jelas Camat. 

Bupati yang berhadir bersama Ketua DPRD Batola Saleh, Camat Tabukan, para mantan Camat dan para Kepala Desa maupun Lurah disuguhi beragam tarian oleh siswa-siswi SD di Kecamatan Marabahan. 

Seperti tarian Cublek-cublek suweng, tari Giha Mayau maupun taria jaran kepang. 

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat hari jadi ke 27 pada Kecamatan Marabahan. 

“Semoga seiring dengan meningkatnya pembangunan. Mampu pula menunjang peningkatan derajat kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di wilayah Kecamatan Marabahan,” ungkap mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini. 

Puncak hari jadi Kecamatan Marabahan yang bertema “ Marabahan Ampun Kita Barataan” menurut Bupati diharapkan  masyarakat Marabahan dapat merasa memiliki Ibu Kota Kabupaten Barito Kuala dengan berbagai kelebihan, keunggulan dan daya tarik yang ada. 

“Hari jadi ini mari kita jadikan momentum untuk intropeksi dan melakukan pembenahan bersama-sama,” jelas bupati. 

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Camat dan diserahkan pada orang nomor satu di Batola, Hj. Noormiliyani AS. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya