Bupati Resmikan Bedah Rumah Penderita Stunting


hallobanua.com, MARABAHAN - Berawal dari peninjauan bayi penderita stunting bernama Siti Khadijah yang beralamat di Desa Banua Anyar Kecamatan Bakumpai, Selasa (30/09/2022), memunculkan keprihatinan bagi Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS. 

Keprihatinan dirasakan bupati bukan saja menyaksikan kondisi fisik Siti Khadijah yang loyo dan kerdil namun juga setelah mengamati bangunan rumah yang dihuni orangtua bayi berusia 16 bulan itu yang sangat kecil dan tak layak huni. 

Lebih menyedihkannya, rumah yang sudah terlihat tua, lapuk, dan bocor itu didiami 3 kepala keluarga dengan penghuni 8 orang terdiri dari 2 lansia, 4 dewasa, 1 anak, dan 1 baduta. 

Terhadap bayi Siti Khadijah selain dijadikan anak angkat, bupati juga memberikan bantuan Rp3 juta di samping berasal dari Program Permata Bunda sebesar Rp15 ribu per hari. 

Sedangkan terhadap bangunan rumah, bupati yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel, ini bersama Forum Ibu Peduli Sosial (FIPS) secara spontan berinisiatif melakukan bedah (perbaikan) rumah. 

Hanya dengan berselang 21 hari, rumah yang direnovasi telah rampung dikerjakan dan  dilakukan peresmian oleh bupati,pada Rabu (21/09/2022) pagi. 

Rumah berbahan kayu berukuran 4 x 17 meter itu dirasa layak ditempati untuk 3 KK karena diberi 3 sekat kamar ditambah ruang tamu, dapur, dan pelataran. 

Saat meresmikan, bupati yang juga Ketua FIPS itu berharap, keluarga yang menempati rumah akan menjadi keluarga yang sehat dan bantuan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. 

“Semoga ini bisa dijadikan contoh dan diikuti karena pahalanya akan terus mengalir selama rumah ini berdiri,” harapnya. 

Sementara terhadap anak stunting, keturunan ke-7 Datu Kelampayan ini mengajak untuk bersama sama peduli dengan memberikan intervensi dan perbaikan sarana dan prasarananya seperti bedah rumah lengkap dengan sanitasi, air bersih, serta lingkungan keluarga yg berprilaku hidup bersih dan sehat. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya