Lakukan Pembenahan SDM, Ibnu Optimis Transformasi Digital di Kota Banjarmasin Meningkat

 

hallobanua.com, BANJARMASIN - Menuju Transfromasi digital yang lebih maju, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin gelar Sosialisasi Hasil Pengukuran Kesiapan Digital dan Workshop Transformasi Digital. 

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, turut hadir Kepala Diskominfotik Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika, dan Dekan STEI Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr Tutun Juhan. 

Menurut Wali Kota Banjarmasin, dari data yang disajikan, nilai pengukuran kesiapan digital di lingkungan Pemko Banjarmasin berkisar 58,16 persen. 

Hal tersebut kata dia mencerminkan aspek Sumber Daya Manusia atau SDM yang masih rendah. 

Oleh sebab itu, Ibnu Sina berharap kepada seluruh pimpinan OPD/SKPD serta para pemangku kebijakan untuk bisa bersama - sama membenahi hal tersebut. 

"Hasil pengukuran dari sampel sebanyak 1.700 partisipan terkait dengan 4 aspek penilaian, nilai rata-rata kita berada di level pertengahan, jadi memang harus kerja keras untuk mewujudkan transformasi digital ini," ucapnya. 

Ibnu pun berharap, dengan hadirnya workshop ini pihaknya harus melakukan pembenahan. 

"Terlebih untuk di internal kita dulu. Jadi nanti secara keseluruhan aspek mana saja yang perlu kita perbaiki untuk dijadikan sebagai sarana atau alat untuk mengambil kebijakan dengan tetap memperhatikan aspek pelayanan digital, kemudian memanfaatkan data-data termasuk konsep AI maupun IoT nya itu dapat teratasi," katanya. 

Terakhir, pucuk pimpinan Kota Kayuh Baimbai itu berpesan agar seluruh elemen, lapisan masyarakat dapat mendukung dan bersinergi untuk Transformasi Digital di Kota Banjarmasin. 

"Siapapun harus bersinergi terkait dengan transformasi digital ini, apalagi sekarang sudah ada sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), kita harus survive ke level selanjutnya sehingga ekosistem digital di Kota Banjarmasin dapat betul-betul terbangun," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya