Noormiliyani Buka Barambai Expo Peserta KKN ULM

hallobanua.com, MARABAHAN - Sebagai rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan lintas keilmuan dan sektoral mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin menggelar expo (pameran) di halaman Kantor Kecamatan Barambai, Kabupaten Barito Kuala (Batola). 

Barambai Expo yang dilaksanakan di akhir-akhir kegiatan KKN dengan menampilkan potensi desa berupa jeruk dan nenas beserta sejumlah turunan seperti sirup, selai, dan lainnya serta briket arang berbahan pelepah/cangkang dan limbah tempurung kelapa sawit ini dibuka Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS, Sabtu (10/09/2022). 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu (10 – 11 September 2022), ini juga menyuguhkan berbagai produk lainnya yang ditampilkan para pengrajin, Bumdes, dan UMKM di 11 stand milik desa serta 7 stand milik daerah berupa aneka produk olahan seperti krepek, beras, hingga berbagai jenis anyaman khas Barito Kuala berbahan purun. 

Bupati yang menyaksikan pameran yang ditampilkan tampak terkesan. Noormiliyani menyatakan, apa yang dilakukan ini sangat sejalan dengan keinginan pemkab dalam mendorong terciptanya one village one product untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kemajuan daerah. 

Sebelumnya, pada pembukaan, Bupati Noormiliyani, merasa salut dan bangga kepada para mahasiswa KKN yang se-almamater dengannya turut serta berkiprah membangun dan mendorong kemajuan masyarakat di daerah yang dipimpinnya. 

“Saya merasa bangga ada mahasiswa yang se-almamater bisa mengabdi di daerah yang saya pimpin. Ini tentunya suatu kehormatan,” tutur alumni Fakultas Hukum ULM  ini. 

Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Noormiliyani menyampaikan, ucapan tgerima kasih baik kepada rektor, dekan, para dosen pembimbing, dan adik-adik mahasiswa atas pengabdian yang diberikan. 

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan Noormiliyani atas terselenggaranya kegiatan Barambai Expo. Ia berharap kegiatan yang diselenggarakan dapat memberi manfaat untuk pengembangan potensi desa serta berbagi pengalaman dan pemberdayaan masyarakat. Mengingat kegiatan yang dilaksanakan sangat berguna dalam meningkatkan pengetahuan dan kualitas SDM. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana yang juga Ketua Mahasiswa KKN, Muhammad Nur Riady, menyatakan, kegiatan Barambai Expo terdapat 18 stand  masing-masing 11 stand dari potensi desa dan 7 stand dari pemerintah daerah. 

Sedangkan produk unggulan daerah yang ditampilkan berupa potensi jeruk dan nenas beserta sejumlah turunan seperti sirup, selai dan lainnya, di samping terdapat briket arang berbahan cangkang dan pelepah kelapa sawit, maupun aneka produk unggulan lainnya yang berasal dari olahan masyarakat, Bumdes, dan UMKM. 

Camat Barambai Nurwahyudi,  berharap, melalui kegiatan yang diselenggarakan bisa memajukan wilayahnya melalui pendorongan berbagai potensi desa yang telah digali para mahasiswa KKN FISIP ULM. 

Pembukaan Barambai Expo yang ditandai pemotongan untaian melati dan berisi berbagai rangkaian seperti persembahan pencak silat dari IPSI Kera Sakti dan persembahan tari dari Sanggar Belajar Mahabbatun Nabi Barambai ini juga dihadiri Dekan Fakultas FISIP ULM Budi Suryadi beserta para dosen pembimbing, Kadisdik Sumarji, Kadistan TPH Murniati, Camat Barambai Nurwahyudi beserta isteri dan para anggota forkopimcam, para kades, dan undangan. 

Sol/ may
Batola
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya