Pendidikan Dasar Wanadri 2022 Ditutup, Pemuda Asal Tabalong Lulus Seleksi

hallobanua.com, BANDUNG  - Bertempat di Lapangan Utama Pusat Latihan Komando Pasukkan Khusus (Kopassus) Situ Lembang, Jawa Barat, Minggu (4/9/2022),  sebanyak 102 siswa siswi Pendidikan Dasar Wanadri (PDW) tahun 2022 yang terdiri dari 92 siswa dan 10 siswi resmi dilantik menjadi anggota Wanadri. 

Diketahui, organisasi Wanadri ini adalah salah satu Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung yang sangat terkenal di Indonesia sejak tahun 1964. 

Organisasi ini juga menjadi salah satu yang sering berpengaruh di Nusantara terhadap 4 bidangnya, yaitu Kemanusiaan, Penjelajahan Alam, Pendidikan dan Lingkungan. 

Organisasi yang acapkali melahirkan generasi muda berkualitas ini memiliki lokasi tempat latihan yang tidak sembarang orang bisa masuk, dan Wanadri adalah salah satu organisasi yang diizinkan melakukan latihan di gunung hutan tempat para Kopassus berlatih, Situlembang. 

Selama latihan, siswa siswi PDW 2022 dihadapkan dengan medan-medan yang beragam dan dingin, juga sering kali diguyur hujan yang membuat latihan menjadi begitu lebih keras. 

Pada saat penutupan PDW 2022, Danjen Kopassus Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan dalam amanatnya mengungkapkan selamat kepada siswa-siswi yang telah lulus Pendidikan Dasar Wanadri 2022 ini. 

"Saat ini, saya melihat Wanadri bukan hanya sekedar organisasi pendaki gunung, tetapi merupakan sosok organisasi kepemudaan yang mengembangkan karakter unggul dengan sistim pelatihan keras di alam terbuka dengan dasar spirit dan misi kemanusiaan untuk menolong sesama," ujar Danjen yang juga merupakan Warga Kehormatan Wanadri pada PDW 2016 ini. 

Ditegaskan Danjen juga, banyak nilai-nilai positif yang dapat diambil dari pendidikan ini demi menggelorakan nasionalisme dan patriotisme. 

Salah satu siswa PDW 2022 asal Kalimantan Selatan Kabupaten Tabalong yang juga menjadi satu-satunya perwakilan pulau Kalimantan, Muhammad Khairil saat ditemui, mengungkapkan kebahagiaannya usai resmi menjadi anggota Wanadri tahun 2022. 

"Turut senang usai dilantik jadi anggota Wanadri, karena memang perjuangan melewati medan-medannya yang berbeda pada setiap tahapannya perlu fisik dan mental yang kuat untuk melewatinya," ujar Khairil. 

Ketika ditanya, tahapan apa yang paling sulit untuk dilewati pada PDW tahun 2022 ini, Khairil menjawab ada dua tahapan yang baginya paling sulit. 

"Untuk saya, ada dua tahapan yang paling susah dan sangat menguras tenaga dan sangat menguji mental siswa, yaitu tahapan Long march dan Rawa Laut," jawab Pemuda asal Kabupaten Tabalong ini. 

Dirinya bertekad, usai menjadi anggota Wanadri ini dapat memberikan sumbangsih yang baik kepada organisasi dan daerah kelahirannya. 

"Semoga dengan keilmuan yang didapat dari Wanadri, kami dapat mengharumkan nama Indonesia dan juga daerah kelahiran kami masing-masing," pungkasnya. 

Is/ may
Bandung
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya