Pengembangan Kawasan Kampung Ketupat, Ibnu :Kawasan Smart City dan Teknologi Digital


Hallobanua.com, Banjarmasin - Moment puncak hari jadi Kota Banjarmasin ke-496 nanti, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berencana meresmikan proyek pembangunan Kawasan Kampung Ketupat di Sungai Baru, Banjarmasin Tengah. 

Menurut Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, kawasan Kampung Ketupat itu nantinya menjadi daya tarik atau destinasi wisata pinggir sungai yang baru. 

"Saat ini progresnya sudah menggembirakan, sebelum tanggal 27 InsyaAllah kawasan ini sudah selesai mudah-mudahan sudah bisa dipakai dalam rangkaian hari jadi dan juga Apeksi Walikota se-Kalimantan," ungkap Ibnu Sina, Jumat, (23/09/22) kemarin. 

Ibnu mengungkapkan alasan mengapa pemko ingin pengembangan kawasan Kampung Ketupat cepat selesai, yaitu untuk pemulihan ekonomi di Kota Seribu Sungai. 

"Pengembangan kawasan kampung Ketupat dan RK3 Kelayan Barat ini sengaja kita angkat. Karena ini adalah salah satu upaya kita untuk mempercepat pemulihan ekonomi disamping juga penataan kawasan kumuh," ujarnya. 

Lanjut Ibnu, ada 8 Visi-Misi Banjarmasin Baiman yang bisa diwujudkan di Kawasan kampung Ketupat ini, karena ini termasuk program prioritas. 

Tak hanya itu, ia pun menjelaskan bahwa kawasan tersebut nantinya akan dikembangkan sebagai Smart City dan teknologi digital untuk layanan publik ketika bertransaksi. 

"Untuk kawasan ini juga akan dilaksanakan E-parking, E-kasir, dan lainnya yang mendukung gerakan Nasional transaksi non tunai," urainya. 

"Kemudian juga akan dipasang CCTV beberapa lokasi dan juga ada CCTV mengadopsi kecerdasan buatan dimana menghitung pengunjung dengan cctv saja,"tuntasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya