Rakor Pendataan Awal Regsosek Tanbu 2022 Diapresiasi Zairullah Azhar

hallobanua.com, TANAH BUMBU– Rapat Koordinasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) Tanah Bumbu diapresiasi Bupati, Abah dr HM Zairulllah Azhar. 

Peserta Rakor pendataan awal Regsosek diikuti oleh berbagai instansi vertikal, SKPD, Camat dan Kepala Desa dengan dihadiri Kepala BPS Kalimantan Selatan, Yos Rusdiansyah dan Kepala BPS Tanbu, Rudy Nooryadi bertempat di Hotel Ebony Batulicin, Selasa (20/9/2022). 

Sekedar diketahui, Rakor ini bertujuan melakukan koordinasi, dan persiapan pendataan registrasi sosial ekonomi dengan menggunakan pendekatan keluarga. 

“BPS melaksanakan pekerjaan yang cukup berat, dimana data yang dihasilkan sebagai prasyarat utama Reformasi Sistem Perlindungan Sosial, transformasi data menuju Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) yang merupakan upaya perubahan penyediaan data sosial ekonomi yang terintegrasi dan akurat,” kata Bupati, Abah dr HM Zairullah Azhar. 

Ia menilai, melalui rakor ini akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial ekonomi, melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah. 

Zairullah berharap kepada seluruh pihak dapat mendukung kegiatan ini terutama bagi Kepala Desa dan Camat dibarengi memiliki semangat dan komitmen yang tinggi untuk menyukseskannya. 

Materi pada rakor tersebut disampaikan oleh para narasumber masing-masing dari BPS Kalimantan Selatan, Bappedalitbang dan Dinas Sosial Tanah Bumbu. 

Dalam program ini pelaksana gugus tugas pendataan yang berkoordinasi dengan penyelenggara Satu Data Indonesia (SDI). 

Data kondisi ekonomi seluruh penduduk akan membantu pelaksanaan program pemerintah sehingga berjalan efektif diantaranya program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. 

Kepala BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Yos Rusdiansyah mengatakan, melalui rakor ini akan terbangun koordinasi dan kerjasama serta kolaborasi antara pemerintah daerah, instansi vertikal dan masyarakat. 

Di mana, akan tersaji satu data digunakan masyarakat yang memang perlu dibantu dan mana perlu diberdayakan. 

"Tujuan dari pendataan awal Regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa dan kelurahan," ungkapnya. 

Dikatakan, reformasi sistem perlindungan sosial diperlukan sebagai perbaikan mekanisme pelaksanaan program perlindungan sosial bagi seluruh warga negara berdasarkan kerentanan agar memenuhi prinsif tepat sasaran, tepat waktu, mudah, akuntabel dan responsif terhadap kondisi bencana. 

Ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya