Sekda Harapkan Lomba Angkut Lumpur Jadi Pemicu Bagi Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai


hallobanua.com, BANJARMASIN - Lomba Kebersihan Sungai Veteran yang diikuti Satgas Kebersihan se Kota Banjarmasin pada Sabtu, (24/09/22) pagi turut diapresiasi Sekertaris Daerah (Sekda) kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman. 

Terlihat, orang nomor 3 di Pemerintahan Kota Banjarmasin tersebut turut hadir menyaksikan dan sekaligus membuka langsung kegiatan lomba angkut lumpur dan sampah di sungai tersebut. 

Didampingi Camat, Banjarmasin Timur dan para Lurah se Banjarmasin, Ikhsan Budiman juga turut menebar Eco Enzim di kawasan Sungai Veteran. 

Saat diwawancara, Ikhsan berharap lomba yang diikuti satgas kebersihan bisa memancing masyarakat lain untuk turut serta menjaga kebersihan sungai khususnya. 


"Sebagaimana prinsip awal pembentukan Satgas Kebersihan untuk menginisiasi masyarakat. Tidak hanya mereka (Satgas Kebersihan) yang melakukan. Itu prinsip dasar yang harus dipahami," ungkap Sekda, Sabtu, (24/09/22). 

Ia melanjutkan, semisal ada Satgas Kebersihan
yang membersihkan gang atau selokan, maka masyarakat juga diharapkan ikut serta berperan aktif. 

"Selain di sungai Veteran kita juga sudah bicarakan dengan Dinas PUPR untuk dilakukan di sungai-sungai lain. Tidak hanya terpaku pada peringatan Hari Jadi saja," jelasnya. 

Tak hanya itu, Ia menambahkan, bahwa sungai Veteran juga akan menjadi sasaran program normalisasi oleh Pemerintah Pusat. 

Pasalnya, banjir besar sempat melanda Kota Seribu Sungai pada awal Januari 2021 lalu. 

Itu juga dipicu oleh meluapnya Sungai Veteran akibat pendangkalan dan penyempitan. 

"Mungkin dalam tahun ini. Dimana ada beberapa titik penyempitan badan sungai," pungkas Ikhsan. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin yang turut hadir dalam kegiatan mengaku pihaknya beserta jajaran mengaku terus mendukung sepenuhnya kegiatan seperti ini. 

"Mudah-mudahan tidak ini saja. Tapi ada kegiatan lain lagi yang berhubungan dengan sungai ini," ujarnya. 

"Dan semoga lomba ini bisa diikuti di kelurahan lain. San aliran sungai lancar dan tidak lagi terjadi banjir," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya