Teliti Potensi PAD, Pemkab Tanbu Gandeng Perguruan Tinggi

hallobanua.com, TANAH BUMBU –Pemkab Tanah Bumbu menggandeng Perguruan Tinggi ada di Kalimantan Selatan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi daerah. 

“Peningkatan PAD menjadi perhatian penuh Pemkab Tanbu, bahkan Bupati HM Zairullah Azhar mengadakan rapat berkali-kali dengan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk hal tersebut," ungkap Sekda Tanbu, DR H Ambo Sakka saat membuka ekspos awal penelitian kajian potensi PAD bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati di Batulicin, Selasa (13/9/2022). 

Ia menjelaskan, ketergantungan pemerintah daerah dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang turut menjadi perhatian, mengingat jika keuangan negara terganggu maka berdampak pula terhadap daerah, sementara di satu sisi daerah memiliki sumber daya alam melimpah. 

Dikatakan, potensi bisa menjadi sumber PAD tersebut menjadi pertimbangan sehingga Bupati Tanbu menginginkan adanya kajian, dan penelitian agar pendapatan daerah meningkat tentunya memberikan dampak besar pada peningkatan pembangunan di Tanbu. 

Sementara itu, terkait penelitian kajian potensi PAD tersebut pemerintah daerah berharap menghasilkan rekomendasi dan pointer-pointer penting yang menjadi titik penekanan SKPD nantinya. 

“Pada ekspos awal ini, saya minta SKPD terkait betul-betul mencermati dan memberikan data, serta masukan kepada Tim Peneliti, apalagi jika hal itu memungkinkan menjadi PAD baru,” pinta Ambo Sakka. 

Untuk sumber PAD, sambungnya, belum lama tadi Tanbu sudah punya peraturan daerah (Perda) penyelenggaraan alur pelayaran sungai, dan perda penyelenggaraan jalan khusus. 

Kegiatan ekspos awal penelitian kajian potensi PAD dilakukan Bappedalitbang Tanbu bekerjasama dengan Tim Lembaga Kajian Ekonomi dan Pembangunan Daerah (LKEPD) Universitas Lambung Mangkurat (ULM), dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Banjarmasin. 

SKPD diundang diantaranya, DKUMP2, Disbudporapar, DKP2, DLH, Dishub, Dinas PUPR, Dinkes, Diskominfo SP, Bapenda, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bagian Ekonomi, dan Bagian Umum Setda Tanbu. 

Ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya