Tergiur Bazar Barang Elektronik Murah, Puluhan Warga Tanbu Ditipu

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Unit Resmob Sat Reskrim Polres Tanah Bumbu bersama Resmob Polres Kutai Timur menangkap tiga orang perempuan dan dua orang pria yang diduga melakukan penipuan. 

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Tri Hambodo melalui Kasi Humasnya AKP Iberahim Made Rasa menuturkan total korban yang ditipu pelaku sebanyak sepuluh orang. 

Terduga pelaku yang berhasil diamankan diantaranya NW pria (36 tahun), RAF pria (20 tahun), T perempuan (26 tahun), DS perempuan (27 tahun), dan F perempuan (25 tahun). 

Kelima tersangka diamankan di dua tempat berbeda. Tersangka T,F,D dan NW diamankan di Kecamatan Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur belum lama ini. 

Sedangkan tersangka RAF diamankan di Kecamatan Tanjung Redeb Kabupaten Berau Kalimantan Timur. 

"Modus operandinya pelaku mengaku dari Multi Jaya Best Home Appliance yang berada di Jakarta dan mengatakan kepada korban bahwa ingin berbagi rezeki berupa bazar barang elektronik di toko Multi Jaya Best Home Appliance Cabang Batulicin, pelaku menawarkan voucher sebesar Rp 500 ribu asal membeli barang elektronik senilai Rp 4 juta," ujar Kapolres dalam siaran persnya, Kamis (8/9/2022). 

Alih-alih mendapatkan barang elektronik, kata Tri Hambodo korban ketika mendatangi toko dalam keadaan tertutup. 

Tri Hambodo menuturkan kepada korban, pelaku mengaku sedang pergi ke Banjarmasin, dan akan kembali tiga hari mendatang. 

Pada hari H, kata dia ketika mendatangi toko, sebanyak belasan orang lainnya berkumpul mengaku turut ditipu oleh tersangka. Ditaksir kerugian yang dialami para korban sebesar puluhan juta rupiah. 

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat kab. Tanbu, agar kalo ada yang menjadi korban-korban yang merasa dirugikan dalam kasus tersebut agar segera lapor ke sat reskrim polres Tanbu," kata AKBP Tri Hambodo. 

"Tersangka diancam hukuman dengan pidana penjara paling lama empat tahun, berdasarkan pasal 378 KUHP," imbuh Kapolres. 

Ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya