Yasin dan Talita Putra dan Putri Sasirangan 2022

hallobanua.com, BANJARMASIN - Malam grand final pemilihan putra dan putri sasirangan Kota Banjarmasin, yang berlangsung di Siring Balai Kota Banjarmasin , Jumat malam (30/9/2022), berlangsung seru dan meriah. 

Betapa tidak, sebanyak 20 orang finalis, terdiri dari 10 orang finalis putra dan 10 orang finalis putri, beradu kepiawaian dalam  menjawab pertanyaan dari dewan juri. 

Hebohnya lagi, malam itu masing-masing finalis terlihat membawa pendukung mereka masing-masing. 

Tentunya, kehadiran para pendukung finalis ini menambah semarak suasana. Terlebih saat mereka melihat finalis jagoannya berhasil menjawab pertanyaan para dewan juri. 

Untuk pemenang pertama Putra dan Putri Sasirangan 2022 kategori putra,  juara 1 dengan nomor peserta 19 , diraih oleh M Yasin. Sedangkan untuk kategori putri  jatuh pada nomor peserta 26 atas nama Talita Fatimah Rahmad. 

Sedangkan juara kedua, kategori putra atas nama Muhamad Riyan, dan untuk ketegori putri atas nama Dara A Maulina. 

Penyerahan hadiah kepada para pemenang, dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah. 

Menurut, Kadis Kebudayaan, Pemuda  Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin, Iwan Fitriadi, kegiatan lomba putra dan putri sasirangan 2022 dimulai sejak tanggal 25 Agustus hingga  17 September 2022. Jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 115 peserta terdiri 55 putra 60 putri. 

“Setelah dilakukan penyaringan akhirnya terpilih 10 pasang yang lolos ke grand final,” jelasnya, 

Sedangkan dewan juri terang pria yang pernah menjabat sebagai Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kota Banjarmasin ini lagi, berjumlah 5 orang, diantaranya,  Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah. Direktur Bisnis Duta TV, Diana Rosianti. Fashion Designer Internasional, dan Staf Muda Walikota Banjarmasin bidang UMKM. 

Lebih jelas dikatakannya, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk menjadikan anak muda sebagai ambassador kain sasirangan sehingga tercipta sikap mencintai dan bangga melestarikan kain sasirangan. 

Selain itu, bebernya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menjadi penghubung antara masyarakat dan pengrajin. 

Sementara, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mengatakan, putra dan putri sasirangan yang telah terpilih sebagai pemenang diharapkan bisa menjadi duta-duta kain sasirangan, yang bisa membawa harum nama Kota Banjarmasin diberbagai kesempatan. 

“Selamat kepada para pemenang putra dan putri sasirangan 2022, semuanya bagus-bagus dan memiliki talenta yang luar biasa. Bagi yang belum berhasil masih ada kesempatan untuk mengikutinya,” ucapnya. 

Pemko Banjarmasin, lanjutnya, akan memberikan kesempatan kepada putra dan putri sasirangan terpilih, untuk mengikuti ajang lomba di tingkat nasional, yakni pemilihan putra dan putri batik Indonesia. 

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah, mengatakan peserta yang mengikuti ajang ini rata rata memiliki talenta yang bagus dan membanggakan. 

Karenanya, istri Wali Kota Banjarmasin ini berharap putra dan putri sasirangan terpilih benar-benar menjadi duta-duta yang akan mengangkat marwah kain sasirangan tak hanya ditingkat nasional tetapi juga hingga ke tingkat internasional. 

“Tentu saja mereka nanti diharapkan juga bisa memberikan edukasi dan melekatkan kebanggaan besasirangan dikalangan pemuda dan pemudi bisa diwujudkan,” katanya. 

Berikut nama-nama pemenang lomba putra dan putri sasirangan 2022, juara favorit  kategori putra dengan  nomor peserta 39 atas nama  Raden Pramudiar Ridho Pratama, untuk kategori putri dengan nomor peserta 12. 

Untuk juara harapan 3 kategori putra  Muhamad Risky, kategori  putri  Wulan Kamalia. Juara harapan 2 kategori putra jatuh pada nomor peserta 27 atas nama Muhamad Irfan, sedangkan kategori putri atas nama  Suci Nur Aini. Untuk juara harapan 1 kategori putra  Raden Pramudiar Ridho Pratama, dan kategori putri  Gusti Nadya Ananda. 

Sedangkan untuk juara ketiga putra dan putri sasirangan kategori putra atas nama Muhamad Arsyad Saputra, dan untuk kategori putri Nadya Aqila N. 

Tim liputan/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya