64 Tim Dayung Beradu di Festival Balap Jukung Bergerak

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Propinsi Kalsel menggelar Festival Balap Jukung Bergerak, di Sungai Martapura Siring Nol KM Banjarmasin, Sabtu - Minggu (15-16 Oktober 2022). 

Festival Balap Jukung Bergerak tersebut sebagai ajang seleksi atlet dayung untuk  Pekan Olahraga propinsi ( HSS) sekaligus juga sebagai rangkaian memeriahkan MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan. 

Festival balap jukung tradisional tersebut dibuka langsung Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. 

Melalui sambutannya, Gubernur yang akrab dipanggil Paman Birin ini memberikan dukungan kepada peserta balap jukung agar tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding. 

"Saya harap dengan lomba -lomba seperti ini dapat menjaring atlet - atlet baru yang dapat mengharumkan nama Banua di tingkat Nasional maupun Internasional, "ujarnya. 

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Hermansyah mengatakan festival balap jukung ini digelar selama dua hari yakni Sabtu - Minggu atau 15 -16 Oktober 2022. 
Lomba dibagi dua kategori yakni 32 tim pelajar dari Kalsel dan pada Minggu sebanyak 32 tim dari kalangan masyarakat (umum). 

Menurut Hermansyah, kegiatan ini digelar sekaligus sebagai ajang menyeleksi para atlet menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Hulu Sungai Selatan (HSS). 

"Lomba ini kita harapkan dapat menjadi ajang seleksi para atlet di Porprov HSS," ucapnya. 

Selain itu, festival jukung tradisional ini sebagai bentuk mendukung wisata air di Kalsel yang diharapkan terus maju dan menghibur para tamu daerah atau kafilah MTQ Nasional dari provinsi lain dapat melihat salah satu budaya Kalsel. 

Dya/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya