Akses Jalan Alternatif Pemkab Tanbu Akhirnya Bisa Dilewati

Kadis PUPR Tanbu, Subhansyah ST, MT saat memperlihatkan jalan alternatif dibuat Pemkab Tanbu(Foto: Subhan)

hallobanua.com, TANAH BUMBU -Akses jalan nasional Kilometer 171 Desa Satui, Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan putus total,  akhirnya dapat dialihkan lewat jalan alternatif baru yang dibuat Pemkab Tanbu. Terpantau, ada puluhan roda dua maupun roda empat, dan enam melintasinya. 

Hal itu disampaikan Sekretaris daerah (Sekda) Tanbu, DR H Ambo Sakka saat kembali meninjau jalan terputus total akibat longsor susulan pada Minggu (16/10/2022). 

Ambo Sakka menginformasikan, terkait perkembangan di lapangan, ia menjelaskan peristiwa terjadi sejak kemarin tersebut merupakan longsor susulan sudah kesekian kalinya. 

"Sehingga kami Pemerintah Daerah sesuai yang disampaikan Pak Bupati, Abah dr HM Zairullah Azhar membangun jalan alternatif jalan Daerah," ungkap Ambo Sakka saat dilapangan didampingi Kadis PUPR Tanbu Subhansyah. 

Selain Kadis PUPR Tanbu Subhansyah, Ambo Sakka juga terlihat didampingi Camat Satui, Kadri Mandar, dan Kasatpol PP Damkar, Anwar Salujang untuk meninjau langsung. 

"(Jalan Alternatif) yang sewaktu-waktu bisa digunakan kelancaran, transportasi menuju Tanah Bumbu, Kotabaru termasuk IKN," kata Ambo Sakka. 

Ia memaparkan, jalan alternatif menuju Tanah Bumbu diprediksi sudah dapat digunakan dengan baik mulai saat ini. 

"Jalan (alternatif) itu dari tadi kami tinjau, baru-baru ini Insya Allah sore ini sudah bisa dilewati dan saya persilahkan malam, Insya Allah sudah lancar kembali transportasi dari Banjarmasin ke Tanah Bumbu," katanya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Tanbu, AKP Guntur Setyo Prambudi memastikan jalan alternatif sudah bisa dilewati masyarakat. 

Ia menjelaskan, akibat longsor terjadi, diakuinya mengakibatkan akses terputus total. Sehingga, akses jalan dari arah Tanah Bumbu maupun Banjarmasin saat ini, hanya bisa dilintasi jalur alternatif. 

Meski lewat jalan alternatif, Kasat Lantas Tanbu mengingatkan agar selalu berhati - hati. Sebab, kondisi jalan alternatif terpantau licin akibat hujan terjadi belum lama ini. 

"Jadi harus tetap hati-hati, karena kondisi jalannya licin. Jadi pengendara harus ekstra waspada melintasi jalan alternatif, " tandasnya. 

Sementara itu, salah satu pengendara Firman mengucapkan terima kasih kepada pemkab Tanbu karena dengan sigap telah membuatkan jalan alternatif. 

"Meskipun masih agak macet ya, tapi tidak apa apa lah daripada tidak bisa sama sekali dilewati. Alhamdulillah ada jalan baru alternatif yang bisa dilintasi," ungkapnya. 

Padahal, kata dia, bukan kewajiban Pemkab Tanbu terkait jalan tersebut, melainkan kewajiban Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalsel. 

"Padahal ini bukan kewajiban Pemkab Tanah Bumbu loh, jalan rusak kan karena penambangan dilakukan atas ijin pemerintah pusat, kan kesian Pemkab Tanbu seakan malah dinilai tidak memperhatikan nasib warga setempat yang melintas," katanya saat ditanya pada Senin (17/10/2022) pagi ini. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya