Berkonsep Green Building, Pembangunan Gedung Kanwil DJBC Kalbagsel Terus Dikebut

hallobanua.com, BANJARMASIN - Proyek pembangunan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kalimantan Bagian Selatan (DJBC Kalbagsel) terus dikebut kontraktor. 

Meski kadang cuaca tak menentu, pembangunan gedung yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Km 2,5, Kota Banjarmasin tersebut ditargetkan harus rampung sebelum 20 Desember 2022. 

Project Manager Kontraktor PT Totalindo Eka Persada Tbk, Willy mengungkapkan, per 24 Oktober tadi, progres pembangunan fisik masih di angka 52,524 persen. 

Ia merincikan yakni dari bagian struktur yang mencapai 96,42 persen, arsitektur 33,66 persen, dan mekanikal-elektrikal-plumbing 52,334 persen 

"Kita akui memang kendala kita yakni cuaca saat ini yang sering hujan. Pada periode Juli hingga Oktober 2022, kita mencatat terjadi hujan selama 145 jam atau bila dikalkulasikan sekitar 18 hari kerja," ujarnya Rabu, (26/10/22). 

Kondisi tersebut diakui sangat berpengaruh terhadap pekerjaan facade atau kulit luar dari bangunan gedung utama serta pekerjaan luar. 

"Ini memang tantangan cukup besar di sisa waktu 55 hari kalender. Kita menargetkan progres pekerjaan harus mencapai 5,7 persen setiap pekan," jelasnya. 

Tak hanya itu, tantangan lain yang dihadapi pihaknya kata Willy adalah kondisi lahan proyek yang kontur tanah di Kota Seribu Sungai diketahui berjenis rawa. 

Meski begitu, kontraktor optimis proyek pembangunan gedung berlantai lima itu bisa selesai sesuai target. 

Sementara itu, Kepala Kanwil DJBC Kalbagsel Ronny Rosfyandi membeberkan, pihaknya telah membangun gedung berlantai 5 itu dengan konsep green building. 

Konsep itu diharapkan mampu mewujudkan sebuah mahakarya gedung pemerintahan yang ramah lingkungan sebagai percontohan di Bumi Kalimantan. 

"Tentunya dengan konsep ini kita hemat listrik, hemat air karena daur ulang. Ini termasuk konsep masuk penilaian," ungkapnya. 

Tak hanya itu, konsep kantor yang ramah lingkungan ini tentu mendukung para karyawannya yang bekerja dengan menggunakan sepeda. 

"Karena kita juga siapkan khusus parkiran sepeda yang memang mendukung para pegawai yang mendukung pengurangan polusi," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya