Cukup Tukarkan Dengan Sampah Plastik, Event Jalan Santai Meriah Diikuti Ribuan Peserta


hallobanu.com, BANJARMASIN - Masih dalam kemeriahan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 496, Karang Taruna Kota Banjarmasin menggelar Jalan Sehat pada Sabtu, (22/10/22) pagi. 

Start dari halaman Balai Kota Banjarmasin, jalan santai yang diikuti ribuan warga karang taruna se Banjarmasin itu langsung dibuka Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. 

"Saya apresiasi karena dibawah binaan Camat serta Lurah, karang taruna kita semakin hidup di 52 kelurahan," ungkap Ibnu, Sabtu, (22/10/22). 

Ibnu mengungkapkan, potensi karang taruna di Kota Seribu Sungai cukup besar. Terbukti dengan adanya sekitar 60 lebih karang taruna di Banjarmasin yang melakukan kegiatan. 

"Kami harap peran serta positif ini bukan hanya jalan sehat, tapi kegiatan yang lain," tuturnya. 

Ada hal unik dalam kegiatan ini. Pasalnya, para peserta yang mengikuti jalan santai tersebut, mendaftarkan dirinya hanya dengan bermodalkan beberapa botol plastik untuk ditukarkan dengan kupon. 

Ibnu bilang, sampah botol plastik yang ditukarkan tersebut nantinya diuangkan dan didonasikan untuk penanganan stunting di Banjarmasin. 

"Ini idenya kreatif, kegiatannya juga kreatif apalagi mendaftarnya dengan menyumbang sampah. Ini bisa mengurangi sampah dan bisa dikerjasamakan dengan Bank Sampah," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kota Banjarmasin, Arbaniansyah mengungkapkan, dari hasil penukaran sampah plastik dari para peserta tadi, berhasil  msngumpulkan sebanyak 1 ton lebih sampah yang diuangkan yakni sebesar Rp2.750.000. 

Dana tersebut kata dia langsung disumbangkan untuk penanganan stunting di Kota Baiman. 

"Dengan mendaftar dengan sampah, itu kita bisa edukasi masyarakat bahwa sakpah adalah tanggung jawab bersama," tuturnya. 

"Kita juga ingin bersinergi dengan kegiatan pemerintah seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH)," sambungnya. 

Terpisah, Kepala DLH Banjarmasin, Alive Yoesfa Love turut mengapresiasi kegiatan dicetuskan karang taruna ini. 

"Apalagi itu hasil donasi disumbangkan untuk penanganan stunting," pungkas Alive. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya