Gelar Media Gathering ke NTB, Bank Kalsel Siap Dukung Sektor Pariwisata di Banua

 
hallobanua.com, MATARAM - Bank Kalsel kembali menggelar Media Gathering bersama para jurnalis. Kali ini, Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tujuan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Selatan untuk menyukseskan kegiatan  tersebut yang dilaksanakan pada 27 hingga 30 Oktober 2022. 

Kegiatan Media Gathering kali ini mengangkat tema “Pengembangan Sektor Pariwisata Sebagai Sumber Pertumbuhan Perekonomian Terbarukan dan Peran BPD di Dalamnya”. 

Agenda press tour ini turut diisi dengan kegiatan sarasehan di Kantor OJK NTB. 

Dalam kegiatan sarasehan ini, Dirut Bank Kalsel Hanawijaya mengatakan, saat ini Bank Kalsel selalu siap mendukung pemerintah dalam meningkatkan dan mengembangkan sektor pariwisata di Bumi Lambung Mangkurat, termasuk infrastruktur pendukungnya. 

“Masalah infrastruktur belum tersiapkan, Bank Kalsel siap meminjamkan pembiayaan ke Pemprov Kalsel dengan multi years,” katanya. 

Di samping bantuan pembiayaan infrastrukrur, kata Hanawijaya, saat ini Bank Kalsel tengah mengembangkan teknologi pembayaran digital menggunakan scan QR Code atau bisa disebut QRIS. 

“Begitu keluar izin QRIS, itu akan memudahkan masyarakat dalam hal pembayaran digital. Seperti masuk wisata, tidak perlu pakai karcis lagi, mudahan November ini izinnya selesai,” ucapnya. 

Di tempat yang sama, Kepala OJK Regional IX Kalimantan, Riza Aulia Ibrahim menginginkan, lembaga keuangan lebih maju untuk turut andil dalam meningkatkan perekonomian. Termasuk Bank Kalsel yang didorong berkembang untuk lebih baik lagi. 

“Perlu penguatan permodalan dalam meningkatkan teknologi dan SDM. Kami mendorong Bank Kalsel untuk itu,” ujarnya. 

Sementara Kepala Bappeda Kalsel Ariadi Noor mengaku menyambut baik keinginan Bank Kalsel untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan sektor pariwisata. 

“Semua pihak perlu barkolaborasi dalam hal pendanaan pelaksanaan pembangunan. Termasuk Bank Kalsel yang menjadi andalan kami,” ujarnya 

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi mengatakan, untuk meningkatkan destinasi wisata, perlu adanya jaminan keamanan, kebersihan dan kenyamanan bagi para wisatawan untuk berdestinasi. 

Di NTB sendiri, kata Yusron Hadi, pihaknya tengah gencar mempromosikan kembali daerahnya untuk menarik wisatawan. 

Pulihnya sektor pariwisata akibat dari pandemi, NTB mulai bangkit menata kembali salah satu sektor andalan mereka tersebut. 

“Kami menggalakkan kembali promosi bahwa NTB itu sehat dan aman setelah pandemi. Bandara dan jalan terkoneksi baik dengan destinasi wisata. Untuk even nasional dan internasional kami sudah siap, hotel juga semua ready,” katanya. 

Selain berkunjung ke Kantor OJK NTB, kegiatan Media Gathering yang diikuti puluhan awak media dari media cetak, elektronik, maupun online di Kalsel ini, juga mengunjungi sejumlah obyek wisata unggulan di NTB, seperti  Wisata Desa Sade, Wisata Desa Sukarara dan Gili Trawangan. 

M Januardi/ may
Nusa Tenggara Barat
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya