Jalan Nasional Tanbu Putus Total, Akses Terpaksa Lewat Jalur Alternatif


hallobanua.com, TANAH BUMBU -Jalan nasional penghubung Tanah Bumbu - Banjarmasin dipastikan putus total akibat longsor susulan di Kilometer 171 Desa Satui Barat Tanbu, Minggu (16/10/2022) pagi. Dampaknya, membuat akses jalan tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraan. 

Pantauan sejumlah petugas kepolisian setempat, terlihat jalan cadangan dibuat disamping jalan area longsor, juga turut putus. 

Meski putus, masih ada jalan alternatif bisa dilewati, yakni. Jalan Alternatif Simpang Sompul menuju Simpang Tiga Jombang atau Tembus Jalan JB menuju Jalan Poros. 

"Satu-satunya akses adalah jalur alternatif yang sudah ada yang bisa dilewati, " kata Kasat Lantas Polres Tanbu, AKP Guntur Setyo Pambudi SIK saat dikonfirmasi pada Minggu (16/9/2022) siang. 

Ia menjelaskan, akibat longsor terjadi, diakuinya mengakibatkan akses terputus total. Sehingga, akses jalan dari arah Tanah Bumbu maupun Banjarmasin saat ini, hanya bisa dilintasi jalur alternatif. 

Meski lewat jalan alternatif, Kasat Lantas Tanbu mengingatkan agar selalu berhati - hati. Sebab, kondisi jalan alternatif terpantau licin akibat hujan terjadi belum lama ini. 

"Jadi harus tetap hati-hati, karena kondisi jalannya licin. Jadi pengendara harus ekstra waspada melintasi jalan alternatif, " ujarnya. 

Sebagai informasi, saat ini Pemkab Tanbu sedang proses membuat jalan alternatif baru panjangnya sekitar 1,75 KM. 

Untuk diketahui, saat ini sedang proses pengerasan jalan, dan beberapa hari ini akan selesai dikerjakan secepatnya. Pengerjaannya dilapangan telah diawasi oleh Dinas PUPR setempat. 

ags / may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya